04 March 2020, 06:29 WIB

Menkes: Tidur yang Cukup Bisa Tangkal Virus Korona


Candra Yuri Nuralam | Humaniora

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan penangkal virus korona Covid-19 adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Salah satunya dengan menjaga pola tidur yang cukup.

"Pencegahan dari Covid-19 ini yang paling utama adalah imunitas tubuh. Saya kembali harus katakan imunitas tubuh kita jangan sampai turun, misalnya kalau tidur kurang ya imunitasnya turun," kata Terawan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (3/3).

Menurut dia, sistem imunitas tubuh bakal lemah jika kurang tidur. Jika imunitas lemah, potensi tubuh terserang virus akan semakin tinggi.

Selain itu, Terawan juga meminta masyarakat tidak panik secara berlebihan menghadapi virus korona. Pasalnya, kata dia, imunitas tubuh juga bisa melemah dalam kondisi panik.

Baca juga: Lindungi Pasien Korona

"Itu namanya psikoneuroimunologi. Kalau kita mendapatkan persepsi hal-hal yang salah terus dan mengakibatkan kita khawatir dan cemas ya imunitas kita ikut turun," terang Terawan.

Terawan menyebut penangkalan virus korona hanya bisa dilakukan secara dini oleh diri sendiri. Untuk itu, dia meminta seluruh masyarakat  memulai hidup sehat dan tidak panik berlebih untuk menghindari virus korona.

"Itu merupakan langkah yang paling baik, tidak ada di dunia ini yang lebih hebat yang lebih bagus kecuali imunitas tubuh kita sendiri. Bukan masalah vaksin atau obat yang belum ada," tutur Terawan.

Indonesia mengonfirmasi kasus pertama Covid-19. Virus menjangkiti dua orang yang merupakan ibu dan anak. (OL-1)

BERITA TERKAIT