04 March 2020, 00:17 WIB

Menkes : Jaga Imunitas Tubuh Agar Terhindar Dari Korona


Rifaldi Putra irianto | Humaniora

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebutkan kunci utama menjaga diri agar terhindar dari penularan virus korona Covid-19 ialah dengan menjaga imunitas tubuh.

"Saya kembali harus katakan imunitas tubuh kita jangan sampai turun, misalnya jangan sampai kalau tidur kurang nanti ya imunitasnya turun. Makan juga harus cukup. Gerakan masyarakat hidup sehat (germas) itu bisa di download apa teknik tekniknya," ucap Terawan saat ditemui di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa, (3/3).

Selain menjaga imunitas tubuh, lanjut Terawan, menjaga pikiran agar terus bepikir positif juga perlu terus dijaga untuk menunjang kesehatan tubuh.  

"Pikiran kita itu juga penting, namanya itu Psikoneuroimunologi, kalau kita mendapatkan persepsi hal-hal yang salah terus dan mengakibatkan kita khuwatir cemas ya imunitas imun kita ikut turun," ucapnya.

Baca juga : Menlu : Penyebaran Virus Korona di Tiongkok Menurun

"Itu merupakan langkah yang paling baik, tidak ada di dunia ini yang lebih hebat, yang lebih bagus kecuali imunitas tubuh kita sendiri. Bukan masalah vaksin atau obat yang belum ada," imbuhnya.

Sementara itu, soal penggunaan masker, Terawan menegaskan bahwa masker hanya perlu digunakan oleh orang yang sakit, bukan untuk orang yang sehat.

Sementara itu, Terawan juga dengan tegas mengatakan penggunan masker hanya diperuntukan oleh seseorang yang sakit, bukan untuk orang yang sehat.

"Selain itu tetap sama yang sakit pakai masker, yang sehat tidak perlu pakai masker. Itu ketentuan dari WHO. Yang sehat tidak perlu kecuali dia melakukan tindakan-tindakan di rumah sakit dan sebagainya sehingga dia memerlukan masker, Itu yang harus dimengerti," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT