03 March 2020, 23:50 WIB

Peluang Semua Bakal Calon Wali Kota Tangsel Dinilai Sama


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

PELUANG Siti Nur Azizah dinilai sama dengan para bakal calon wali kota Tangerang Selatan lainnya, meski ia berstatus sebagai putri Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin.  Hal tersebut diungkapkan Ketua Forum Kajian Sosial Politik dan Kebangsaan, Endang Samsul Arifin.

Menurutnya, tidak ada kaitan antara Wakil Presiden dengan pemilihan wali kota Tangsel. "Sekuat apapun keinginan seorang Wakil Presiden agar seseorang terpilih menjadi Walikota Tangsel namun jika mayoritas masyarakat Tangsel tidak menghendakinya maka keinginan tersebut tidak akan berpengaruh sama sekali," tegas Endang, Selasa (3/3).

"Seorang Walikota Tangsel dipilih oleh masyarakat Tangsel bukan dipilih oleh seorang Wakil Presiden. Jadi tidak ada keterkaitan langsung antara pemilihan walikota Tangsel dan kewenangan seorang wakil presiden. Dengan kata lain semua punya peluang," imbuhnya.

Secara pribadi, Endang juga tidak mempermasalahkan keinginan Siti untuk maju. Sebab dari perspektif demokrasi, semua orang berhak untuk mencalonkan diri jadi apa pun.

"Selama orang itu memenuhi persyaratan serta kualifikasi yang telah diatur dalam sejumlah peraturan perundang undangan yang terkait dengan hal itu, tidak masalah," cetusnya.

"Ukuran terpenting bagi seorang calon pemimpin termasuk calon Walikota Tangsel adalah soal kompetensi dan kapasitas leadershipnya yang nanti akan diuji dengan sendirinya, yang akan diuji secara alamiah seiring dengan berjalannya waktu," ujar Endang. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT