03 March 2020, 22:08 WIB

Menlu : Penyebaran Virus Korona di Tiongkok Menurun


Usman Kansong | Humaniora

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan penyebaran virus korona mulai menurun di daratan Tiongkok yang jadi episentrum penyebaran virus korona Covid-19.

"Berdasarkan data WHO, penyebaran korona di Tiongkok menunjukkan penurunan," kata Menlu dalam pertemuan dengan pimpinan media di Jakarta, Selasa (3/3) malam.

Hadir dalam pertemuan itu, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menkominfo Johnny G. Plate, dan Menkes Terawan Agus Putranto.

Mengutip WHO, Retno menyatakan, di Tiongkok pada Senin (2/3) hanya terjadi 206 kasus korona tambahan, yang terendah sejak 22 Januari. Dari 206 kasus itu hanya 8 kasus yang terjadi di luar Hubei, provinsi tempat awal berjangkitnya virus korona.

"Itu artinya virus terlokalisasi di Hubei," katanya.

Baca juga : Korona Menyebar, Tiongkok Karantina Wisatawan dari Negara Pandemi

Namun, bila di Tiongkok mulai menurun, menurut Menlu, kasus korona di luar Tiongkok meningkat.

Di luar Tiongkok hingga kemarin terjadi 8.774 kasus yang lebih dari separuhnya atau 4.813 kasus terjadi di Korea Selatan, kemudian Jepang, Iran, Italia.

Di Tiongkok sendiri secara total tercatat 88.174 kasus.

"Sekarang sesuai dengan WHO, kita mengarahkan pandangan kita ke Korea, Jepang, Iran, Italia, selain Tiongkok," kata Menlu.

Hingga Senin (2/3) virus korona berjangkit di 64 negara. Ada empat negara yang baru terjangkit, yakni Armenia, Luxemburg, Islandia, Indonesia. (OL-7)

BERITA TERKAIT