04 March 2020, 01:45 WIB

Perjudian Arteta Berbuah Tiket 8 Besar


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

PERJUDIAN Mikel Arteta dengan melalukan sembilan pergantian pemain saat Arsenal melawan Portsmouth pada babak kelima Piala FA, kemarin WIB, membuahkan hasil positif.

Saat tampil dengan mayoritas skuad muda, Arsenal gemilang dan menang dengan skor meyakinkan, yakni 2-0, pada lawatan ke Fratton Park. Dua gol dari Sokratis Papastathopoulos dan Eddie Nketiah membawa 'Meriam London julukan Arsenal lolos ke babak 8 besar.

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, menyanjung penampilan the Young Guns. Juru taktik asal Spanyol itu menurunkan sejumlah pemain berusia di bawah 20 tahun, yakni Eddie Nketiah, Reiss Nelson, Joe Willock, Bukayo Saka, dan Gabriel Martinelli. Pasukan muda itu mampu menjawab kepercayaan Arteta. Nelson memberikan assist untuk Sokratis dan Nketiah mencetak gol kedua bagi the Gunners.

"Saya sangat bahagia. Saya menikmati bekerja sama dengan mereka. Mereka pantas mendapatkan kesempatan. Selalu ada risiko menurunkan mereka, tapi mereka mampu menjawabnya," kata Arteta.

Dengan kemenangan itu, Arsenal membuka peluang untuk mempertahankan dominasi di Piala FA. Arsenal saat ini menjadi pemegang trofi terbanyak dengan 13 gelar. Arteta mengaku termotivasi untuk menorehkan tinta emas di Piala FA musim ini.

"Masih ada jalan yang panjang. Namun, kami berada dalam jalan yang tepat. Kami akan melihat hasil undian. Kami harus terus melaju," kata Arteta.

Meski begitu, kemenangan itu harus dibayar mahal dengan cederanya Lucas Torreira. Baru 15 menit merumput, Torreira ditarik keluar setelah tekel keras James Bolton.

"Dia sangat kesakitan, tapi kami harus memeriksa dia. Apakah itu cedera tulang atau ligamen," kata Arteta.

Di laga malam ini, pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, mengandalkan ke-tajaman Steven Bergwijn dan Lucas Moura saat menjamu Norwich City. The Lily Whites--sebutan Tottenham--harus bisa memompa semangat bangkit skuad asuhannya setelah tiga kekalahan beruntun dari Leipzig, Chelsea, dan Wolverhampton.

Tottenham tampil mandul akibat kehilangan duo bomber Harry Kane dan Son Heung-min yang cedera. "Ini laga besar dan kami harus siap," tegas Moura.

Di laga lain, Manchester City yang baru saja memenangi Piala Liga Inggris tetap tampil semangat ketika berjumpa tuan rumah Sheffield Wednesday. Arsitek Pep Guardiola berkeyakinan skuad asuhannya masih lapar gelar sehingga ingin terus melaju di ajang turnamen tertua sejagat itu.

Ujian untuk Sarri

Dari Coppa Italia yang memasuki leg kedua semifinal, dini hari nanti, Juventus menghadapi tantangan dari tamunya, AC Milan, pada bentrok yang bisa disaksikan penonton. Duel pertama berakhir imbang 1-1.

Kendati penonton dapat menyaksikan di Stadion Allianz Arena, Turin (masuk wilayah Piedmont), syaratnya mereka harus berasal dari wilayah-wilayah yang tidak dilarang pemerintah Italia. Dengan merebaknya virus korona membuat wilayah Lombardy, Veneto, Emilia Romagna dan, Provinsi Liguria serta Le Marche membatalkan semua acara olahraga.

Laga itu menjadi ujian bagi pelatih Juve, Maurizio Sarri, membangkitkan performa skuad asuhannya. La Vecchia Signora julukan Juve diterpa tiga kekalahan beruntun sehingga hanya kemenangan atas Milan yang bisa menyelamatkan jabatan Sarri. (BBC/AFP/footballitalia/R-2)

BERITA TERKAIT