03 March 2020, 20:20 WIB

Korona Menyebar, Tiongkok Karantina Wisatawan dari Negara Pandemi


Nur Aivanni | Internasional

WABAH virus korona yang menyebar ke lebih dari 70 negara, membuat Tiongkok yang jadi negara pertama penyebar wabah korona, makin memperketat pengawasan di pintu masuk negaranya.

Wisatawan dari negara-negara dengan wabah virus korona yang parah yang tiba di beberapa wilayah Tiongkok harus menjalani karantina selama 14 hari.

Dikutip dari BBC, Selasa (3/3), seorang pejabat Beijing mengatakan bahwa para wisatawan dari hotspot virus seperti Korea Selatan, Jepang, Iran dan Italia yang tiba di Beijing harus diisolasi.

Sebelumnya, Shanghai dan Guangdong telah mengumumkan pembatasan yang serupa. Pihak berwenang khawatir virus itu mungkin diimpor kembali ke negara tersebut.

Baca juga : Tes Korona Paus Fransiskus Hasilnya Negatif

Meskipun sebagian besar kematian akibat virus telah terjadi di Tiongkok, infeksi baru sembilan kali lebih banyak terjadi di luar Tiongkok daripada di Tiongkok itu sendiri.

Pihak berwenang juga meminta orang Tionghoa perantauan untuk mempertimbangkan kembali rencana perjalanan mereka.

"Demi kesehatan dan keselamatan keluarga Anda, tolong perkuat tindakan pencegahan Anda, dengan hati-hati memutuskan rencana perjalanan Anda dan meminimalkan mobilitas," kata pejabat di satu provinsi selatan Tiongkok.

Tiongkok melaporkan 125 kasus baru pada Selasa, jumlah infeksi harian baru terendah dalam enam minggu. Ada juga 31 kematian lainnya, semuanya di Provinsi Hubei, tempat virus tersebut muncul. (BBC/OL-7)

BERITA TERKAIT