03 March 2020, 19:56 WIB

Wacana Tanpa Penonton di Liga 1, Persija Tunggu Keputusan Liga


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

KASUS positif virus korona di Indonesia menimbulkan kekhawatiran pencita Liga 1 bahwa pertandingan divisi utama sepak bola Indonesia itu akan ditunda atau digelar tanpa penonton.

Salah satu yang bakal terimbas ialah laga big match antara Persija dan Persebaya di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (7/3). Saat ini pertandingan itu masih direncakan berlangsung sesuai jadwal.

Pembina Persija Jakarta Ardhi Tjahjoko mengatakan hingga saat ini belum ada keputusan dari penyelenggara Liga 1 untuk larangan penonton pada laga Persija kontra Persebaya.

"Karena banyak pertanyaan, saya sampaikan sejauh ini, per tanggal 3 Maret 2020, belum ada larangan masalah penonton untuk pertandingan tanggal 7 nanti," ucap Ardhi dalam akun Instagram pribadinya. Selasa (3/3).

Meski demikian, hal tersebut bisa saja berubah jika ada keputusan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga. Ia mengatakan pihaknya akan menjalani sesuai keputusan yang ada dan timnya siap bertanding tanpa dukungan ribuan Jakmania.

Baca juga : Ada Wacana Liga 1 tanpa Penonton

"Kalau memang sudah ada ketentuan dari PT LIB pasti kami akan menjalankan perintah tersebut. Sejauh ini kami memang belum ada info terbaru dari PT LIB," imbuh Ardhi.

Di pihak lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan kebijakan tidak akan mengeluarkan perizinan baru utnuk perkumpulan orang dalam jumlah yang besar. Jika izin sudah terlanjur keluar, maka pihaknya akan meninjau kembali.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku hingga saat ini masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat terkait keberlangsungan liga. Ia mengatakan hingga saat ini belum keputusan menunda ata menggelar pertandingan tanpa penonton.

"Kami tunggu pemerintah. Liga tetap jalan, kalau ada informasi pemerintah kami akan tindak lanjuti," kata Iwan. (OL-7)

BERITA TERKAIT