03 March 2020, 19:40 WIB

Ini Imbauan WHO Agar Warga Indonesia tak Tertular Virus Korona


Atikakah Ishmah Winahyu | Humaniora

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) mengaku tak terkejut dengan ditemukannya dua kasus positif virus korona Covid-19 di Indoneisa. Perwakilan WHO untuk Indonesia Navaratnasamy Paranietharan mengatakan, perlu ada antisipasi agar tidak muncul kasus virus korona lain di Indonesia.

“Kami telah bekerja sama dengan pemerintah untuk menyiapkan kemungkinan ini. Sekarang setelah benar-benar terjadi, maka penting bagi kami untuk memastikan bahwa tindakan kesiapsiagaan yang sudah direncanakan dapat dilaksanakan dengan cepat," kata Paranietharan dalam pernyataan tertulis, Senin (2/3).

Ia pun mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap tenang menyikapi kasus positif virus korona di Indonesia.

Adapun rekomendasi standar WHO bagi masyarakat untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 yakni, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir atau hand sanitizer mengandung alkohol.

Baca juga : Kasus Korona Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan Karena Berstatus KLB

Tutup mulut dan hidung dengan siku atau tisu ketika batuk dan bersin. Jika menggunakan tisu, segera buang tisu bekas dan cuci tangan dengan sabun. Hindari kontak dekat dengan penderita demam dan batuk.

Jika mengalami demam, batuk, atau susah bernafas, segera periksakan diri ke dokter dan ceritakan riwayat kontak dengan siapa saja atau orang yang dicurigai terjangkit Covid-19.

"Penyakit ini berisiko tinggi bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun dan mereka yang memiliki kondisi yang sudah memiliki penyakit sebelumnya seperti diabetes dan penyakit jantung," tandasnya.

Paranietharan menegaskan, WHO berkomitmen untuk mendukung pemerintah Indonesia dan mitra untuk berupaya menjaga kesehatan seluruh masyarakat yang tinggal di Indonesia. (OL-7)

BERITA TERKAIT