03 March 2020, 17:42 WIB

Pemilik Zat Radioaktif di Serpong akan Diperiksa Sebagai Saksi


Cindy Ang | Megapolitan

POLISI kembali menggali keterangan pemilik zat radioaktif sesium Cs-137 berinisial SM. Dia diperiksa sebagai saksi terkait kepemilikan zat berbahaya dan kaitannya dengan temuan radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang.

"Akan kami dalami dari mana zat radioaktif di rumahnya itu. Kemudian, pengolahanya seperti apa dan selanjutnya didistribusikan ke mana," ucap Kabagpenum Kombes Asep Adi Saputra di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa (3/3).

Baca juga: Batan Bersihkan Daerah Terpapar Radiasi di Serpong

Penyidik, lanjut dia, juga akan mendalami jasa dekontaminasi atau pengurangan radiasi yang menjadi mata pencaharian sang eks karyawan Batan itu.

Pasalnya, ada dua bentuk jasa dekontaminasi. Pertama, pelayanan terhadap adanya permintaan.

Baca juga: Batan Pindahkan 199 Drum Tanah yang Terkontaminasi Radioaktif

Asep menjelaskan pelanggan yang ingin memastikan tempatnya bebas dari radioaktif bisa melalui jasa dekontaminasi SM. "Memastikan di tempatnya apakah ada terpapar di tempat itu zat radioaktif, dia mendeteksi itu dan menyatakan clear terhadap daerah itu," ujar Asep.

Baca juga:  Dua Warga Batan Indah Terpapar Radiasi Cesium

Kedua, pelayanan bebas dari zat radioaktif. SM, kata dia, bakal memberi jaminan tempat pelanggan tidak terpapar zat radioaktif dengan memberikan sertifikat bebas radioaktif. "Itu dilayani secara online," sambung Asep.

Polisi menemukan banyak bahan kimia dari kediaman SM di Perumahan Batan Indah, Tangerang. Bahan-bahan tersebut disita polisi dan salah satu yang ditemukan yakni serpihan zat radioaktif Cs-137 dalam kemasan plastik. Rumah itu diduga sebagai penyebab lahan kosong Perumahan Batan Indah terpapar radioaktif Cs-137. (X-15)

BERITA TERKAIT