03 March 2020, 17:29 WIB

Usai Erupsi Merapi, Adi Soemarmo, Solo Dibuka Lagi


Hilda Julaika | Nusantara

BANDARA Adi Soemarmo, Solo telah dibuka kembali sejak pukul 15.38 WIB, setelah sebelumnya ditutup menyusul terjadinya erupsi Gunung Merapi pada pukul 05.33 WIB.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto menjelaskan, Bandara Udara Adi Soemarmo telah kembali beroperasi dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan terus memantau perkembangan aktivitas erupsi Gunung Merapi.

"Bandara Adi Soemarmo sudah kembali beroperasi secara normal. Namun, kami tetap memantau perkembangan yang ada, dengan melakukan koordinasi dengan AirNav maupun BMKG, untuk memastikan penerbangan tidak terkendala,” jelas Novie melalui keterangan resminya, Selasa (3/3).

Adapun pengoperasian kembali bandara ini didasarkan pada Notam Aerodrome yang dikeluarkan oleh AirNav Indonesia, penerbangan di Bandara Adi Sumarmo telah dinyatakan dapat kembali beroperasi dengan normal pada pukul 15.38 WIB.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), aktivitas Gunung Merapi menunjukan amplitudo sebesar 75mm dengan durasi 450 detik dengan kolom letusan setinggi +- 6.000m dan pergerakan abu vulkanik 15 knot ke arah timur dan 10 knot ke arah barat daya. Melalui Notam Aerodrome terakhir yang dikeluarkan oleh AirNav Indonesia, Bandar Udara Adi Soemarmo sudah dapat beroperasi normal kembali. (OL-2)

BERITA TERKAIT