03 March 2020, 17:09 WIB

Pelaku Wisata Optimistis Insentif Tingkatkan Jumlah Turis


Hilda Julaika | Ekonomi


Head of Domestic Panorama JTB Tours Indonesia Rery Sankyo optimistis insentif yang diberikan pemerintah untuk pariwisata hingga 50% akan berjalan efektif.

Menurut Rery insentif ini akan menggairahkan destinasi wisata domestik di tengah ancaman virus korona atau Covid-19 ke Indonesia. Terlebih 10 destinasi prioritas yang mendapat insentif dinilai sudah memiliki daya tarik yang tinggi.

"Saya rasa ini akan menggairahkan destinasi wisata domestik. Karena 10 destinasi wisata prioritas yang diberikan insentif ini sebetulnya sudah terkenal. Cuma sekarang lagi digemborkan lagi. Pemda juga ikut berinovasi. Jadi 10 destinasi ini sebetulnya sudah menjual," ujarnya di Jakarta, Selasa (03/2).

Pemerintah sendiri sudah memberlakukan insentif ini per 1 Maret lalu. Menurut Rery hingga saat ini belum ada data pasti terkait kunjungan domestik. Namun, dilihat dari pemesanan tiket secara offline untuk paket berlibur disebutnya tidak ada jumlah wisatawan lokal yang anjlok. Pihaknya bahkan mengklaim ada pemesanan paket liburan keluarga sampai Desember 2020 ini.

"Untuk pemesanan ini tidak ada yang anjlok untuk domestik ini. Sekarang ini kami sudah menerima permintaan secara offline untuk kategori family holiday itu sudah sampai Desember," klaimnya.

Dia menambahkan memang sudah ada wisatawan yang tertarik bahkan memesan untuk perjalanan liburan hingga akhir tahun ini. Untuk itu, pihaknya mengaku telah melakukan perencanaan pendanaan (budgeting) untuk pariwisata yang sudah dipesan.

"Jadi sudah ada yang melihat untuk travelling sampai Desember kira-kira sebelum Natal ya. Itu kita sudah mulai budgeting, dari sekarang mereka sudah bersiap. Mereka sudah mulai merencanakan," menurutnya.

Namun pihaknya menyampaikan sejauh ini pemesanan melalui agen perjalanan Panorama ini memiliki destinasi terbanyak di Pulau Jawa. Misalnya, ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dengan lama waktu travelling hingga 5 hari. (E-3)

BERITA TERKAIT