03 March 2020, 15:21 WIB

Semakin Baik, 2 Pasien Positif Korona tak lagi Sesak dan Demam


Andhika Prasetyo | Humaniora

JURU Bicara Pemerintah untuk Penanganan Korona, Achmad Yurianto, mengungkapkan dua pasien korona yang tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta, kini dalam kondisi yang baik. Mereka tidak memerlukan tindakan khusus seperti pemasangan selang oksigen atau infus.

"Karena memang tidak sesak dan tidak ada kedaruratan. Keluhan terakhir hanya batuk, tidak panas sama sekali," ujar Achmad di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3).

Baca juga: Identitas Pasien Korona Harus Dilindungi Negara

Pria yang akrab disapa Yuri itu mengungkapkan, sejauh ini pemerintah telah melakukan pemeriksaan terhadap 155 spesimen, termasuk dua pasien yang dinyatakan positif korona.

Sebanyak 151 spesimen sudah dipastikan negatif. Adapun, dua spesimen saat ini masih dalam proses pemeriksaan. "Itu berasal dari 44 rumah sakit di 23 provinsi. Spesimen ini diambil dari mekanisme kewaspadaan," tuturnya.

Ia memastikan pemerintah selalu mengawasi individu-individu, baik warga lokal maupun asing, yang masuk ke Indonesia dari negara-negara zona merah korona.

"Mereka kita pantau terus menerus. Kita ikuti pergerakan mereka. Apabila ada yang sakit dengan gejala mengarah ke influenza berat, kita masukkan mereka sebagai pasien dalam pengawasan (PDP)," tandasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT