03 March 2020, 13:51 WIB

Dinkes DKI Lacak Pola Interaksi WNI Positif Korona di Tiga Lokasi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DINAS Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta telah bergerak meminta keterangan serta memeriksa orang-orang yang berada di tiga lokasi yang sempat disinggahi oleh WNI berstatus positif virus korona.

Pemeriksaan dilakukan pagi ini di tiga lokasi yakni Paloma Bistro Menteng, Amigos Kemang, dan Apartemen Tamansari.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan (P2P) Dinkes DKI Dwi Oktavia mengatakan sejumlah karyawan dimintai keterangan untuk mengetahui siapa saja yang telah berinteraksi dengan WNI berstatus positif virus korona.

"Tadi kita mintai keterangan siapa saja yang pada saat jam tersebut, hari itu ada di lokasi bersama dengan kehadiran pasien positif korona," kata Dwi saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (3/3).

Dwi menyebut proses penyelidikan epidemologi (PE) yang juga dianjurkan oleh badan kesehatan dunia, WHO, ini melacak sejumlah lokasi serta orang yang ditemui hingga dua pekan sebelum pertama kali WNI mengalami sakit serupa dengan penyakit virus korona.

"Kita lacak sampai dengan dua minggu sebelum pasien sakit hingga berstatus positif. Kita tanya dia dulu selama dua minggu sebelum sakit ke mana saja, ketemu siapa saja. Nah, orang-orang ini beserta lokasinya kita amati juga," ujarnya.

Diharapkan dengan pemeriksaan ini bisa mengisolasi penyebaran virus. Sementara itu, hasil pemeriksaan belum diketahui karena masih dalam proses pengolahan data dan keterangan para pegawai.

Diketahui dua WNI berstatus positif virus korona diumumkan kemarin. Pasien adalah WNI berusia 31 tahun serta ibunya yang berusia 64 tahun. WNI berusia 31 tahun itu sempat mendatangi beberapa lokasi yang diduga menjadi tempat ia tertulas virus korona dari seorang WN Jepang yang kini tengah berada di Malaysia untuk dirawat karena virus korona. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT