03 March 2020, 12:54 WIB

Hadapi Korona, JK: Jangan Panik, Tapi Waspada


mediaindonesia.com | Humaniora

KETUA Umum Palang Merah Indonesia (PMI) sekaligus mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, meminta masyarakat agar tidak panik di tengah wabah virus korona (COVID-19).

"Jika mengalami gejala sakit seperti batuk, flu, demam, sesak napas, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan," ujar JK, sapaan akrabnya, melalui selebaran yang dirilis PMI, Selasa (3/3).

JK menekankan orang dalam kondisi sehat tidak wajib menggunakan masker. Namun, masker wajib dikenakan orang yang sedang sakit.

Baca juga: Jokowi Konfirmasi Kasus Virus Korona Pertama di Indonesia

"Gunakan masker di tempat transportasi umum atau di tempat yang ramai. Misalnya, saat berdesak-desakan di dalam bus," imbuhnya.

Tak lupa, JK berpesan agar masyarakat menjaga hidup bersih. Tetap menjalankan perilaku sehat, seperti mencuci tangan dengan sabun. Bila perlu, gunakan cairan antiseptik setelah beraktivitas.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus positif korona pertama di Indonesia. Dua orang warga Depok, Jawa Barat, dinyatakan terjangkit virus tersebut dan sudah mendapat perawatan di RSPI Sulianti Saroso.(OL-11)

BERITA TERKAIT