03 March 2020, 12:46 WIB

Hiks...COVID-19 juga Rawan Menyebar lewat Air Mata


Melalusa Susthira K | Weekend

Virus COVID-19 paling umum menyebar melalui tetesan partikel pernapasan seperti lewat batuk atau bersin dari seseorang yang terinfeksi, di samping kontak fisik tanpa perlindungan atau penghalang yang baik.

Namun, mengutip Livescience, virus yang menyerang saluran pernapasan itu juga dapat menyebar melalui tinja. Tak hanya itu, baru-baru ini ada penelitian menyebut bahwa COVID-19 juga dapat ditularkan dari air mata dan sekresi mata seseorang yang terinfeksi virus tersebut.

Hal tersebut terkuak dari penelitan yang dilakukan para ilmuwan dari Rumah Sakit Afiliasi Pertama Fakultas Kedokteran, Universitas Zhejiang, Tiongkok. Penelitian dilakukan terhadap 30 kasus infeksi COVID-19 di rumah sakit tersebut dengan mengambil sampel baik dari mata kanan dan kiri pasien, dalam rentang waktu 26 Januari hingga 2 Februari lalu. 

Di antara mereka, dua sampel air mata dan sekresi konjungtiva yang diperoleh dari satu pasien yang memiliki konjungtivitis atau peradangan mata ditemukan mengandung virus melalui tiga tes asam nukleat. Sementara 58 sampel dari pasien lainnya menunjukkan hasil negatif, dengan enam sampel pertama yang dikumpulkan lebih dulu dinyatakan negatif COVID-19. Mengutip CNA, penelitian lebih lanjut akan dilakukan guna menemukan bagaimana virus COVID-19 tersebut dapat menginfeksi mata.

Seorang profesor oftalmologi yang memimpin jalannya penelitian, Shen Ye, mengatakan bahwa melalui pengobatan antivirus, konjungtivitis pasien tersebut telah membaik dengan hasil negatif di mata. Temuan bahwa COVID-19 dapat ditularkan melalui air mata dan sekresi mata itu memberi peringatan bahwa perawat medis disarankan untuk memakai kacamata  medis - selain masker- guna menangkis virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, tersebut. (xinhua/taiwannews/M-2)

BACA JUGA: Lebih Jitu Ketimbang Masker, Ini Tujuh Cara Memacu Imunitas

BERITA TERKAIT