03 March 2020, 11:28 WIB

Perumda Pasar Jaya Siap Jual 10 Ribu Pak Masker


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

SETELAH virus korona dinyatakan positif memasuki wilayah Indonesia, permintaan masker di pasar dalam negeri melonjak signifikan.

Stok masker di pusat perbelanjaan hingga toko eceran di pasar tradisional pun ludes diborong masyarakat. Menyikapi situasi tersebut, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasruddin, berencana mendistribusikan 10 ribu pak masker ke seluruh pasar tradisional di Jakarta.

"Saya sudah pesan 10 ribu pak masker. Itu nanti didistribusikan ke pasar di bawah Perumda Pasar Jaya, dan juga ke kelurahan dan kecamatan," kata Arief saat dihubungi, Senin (2/3).

Arief mengimbau masyarakat untuk membeli masker sesuai kebutuhan. Menurutnya, menimbun banyak stok justru dapat menaikkan harga masker.

Baca juga: Ini Penyebab Kelangkaan dan Mahalnya Masker di Jakarta

"Saya minta masyarakat jangan panik. Beli sesuai kebutuhan saja," tegasnya.

Di lain sisi, dia juga menekankan stok pangan di pasar tradisional masih aman. Arief mengungkapkan tidak ada kejadian panic buying yang mengkhawatirkan di pasar tradisional. Akan tetapi, dia tidak menampik terjadi panic buying di beberapa pasar.

"Memang ada di beberapa lokasi di Jakarta Barat dan Jakarta Utara, karena di sana banyak yang beretnis Tionghoa. Mungkin mereka khawatir. Tapi di pasar lainnya masih normal," pungkasnya.

Hingga saat ini, lanjut dia, belum ada pembatasan pembelian kebutuhan pangan. Sebab, ketersediaan pangan dinyatakan masih cukup.(OL-11)

BERITA TERKAIT