03 March 2020, 11:15 WIB

Buttigieg Dukung Joe Biden Jadi Calon Presiden AS


Nur Aivanni | Internasional

MANTAN Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg mendukung Joe Biden sebagai calon presiden Amerika Serikat (AS) pada Senin (2/3). Dukungan tersebut diberikan kepada mantan Wakil Presiden AS itu hanya sehari setelah Buttigieg mundur dari pertarungan sebagai kandidat Demokrat.

"Saya senang menyokong dan mendukung Joe Biden sebagai presiden," kata Buttigieg tidak lama sebelum Biden naik panggung dalam acara di Dallas menjelang Super Tuesday, seperti dikutip dari AFP, Selasa (3/3).

Ia pun mengajak semua orang yang mendukung kampanyenya untuk turut serta mendukung Biden.

"Kami telah menemukan pemimpin di dalam diri Wakil Presiden, calon presiden, Joe Biden," kata Buttigieg dengan Biden berdiri di dekatnya.

Baca juga: Klobuchar Susul Buttigieg Mundur dari Pemilihan Partai Demokrat

Buttigieg yang sebelumnya bersaing dalam pertarungan nominasi Partai Demokrat kini bersatu bersama Biden untuk mengalahkan sayap kiri Bernie Sanders, seorang senator AS dari Vermont.

Setelah tiga pertarungan dalam pemungutan suara di tiga negara bagian, Sanders adalah yang terdepan dalam pertarungan tersebut untuk menghadapi Presiden AS Donald Trump pada November mendatang.

Biden kemudian bangkit kembali dengan kemenangan besar dalam pemilihan pendahuluan di South Carolina, Sabtu (29/2).

Biden mengakui momen "pahit manis" bagi para pendukung Buttigieg, yang ia gambarkan sebagai seorang lelaki dengan integritas yang hebat.

Buttigieg, kata Biden, mengingatkan dirinya pada anaknya, Beau, yang meninggal karena kanker pada 2015.

"Itu pujian tertinggi yang bisa kuberikan pada laki-laki atau perempuan mana pun," katanya.

Biden telah mendapatkan serangkaian dukungan sejak kemenangannya di South Carolina. Senator Amy Klobuchar yang mundur dari pertarungan tersebut pada Senin (2/3) dan timnya mengatakan kepada AFP bahwa ia juga akan mendukung Biden. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT