03 March 2020, 10:30 WIB

Klobuchar Susul Buttigieg Mundur dari Pemilihan Partai Demokrat


Nur Aivanni | Internasional

SENATOR Minnesota Amy Klobuchar mengakhiri pencalonannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat 2020. Klobuchar berada di urutan keenam dalam pemilihan pendahuluan di South Carolina, Sabtu (29/2).

Berita tersebut muncul setelah mantan Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg menghentikan kampanyenya pada Minggu (1/3).

Pengunduran diri Klobuchar tersebut dilakukan menjelang malam Super Tuesday, Selasa (3/3), saat 14 negara bagian  Amerika Serikat (AS) akan memberikan suara untuk menentukan kandidat dari Partai Demokrat.

Meskipun ada beberapa penampilan debat yang kuat dan gelombang kejutan di awal pemilihan negara bagian New Hampshire, Klobuchar gagal mendapatkan daya tarik yang lebih luas.

Baca juga: Wapres AS Optimistis Obat Korona Virus akan Ada pada Tahun Ini

Dikutip dari BBC, Selasa (3/3), Klobuchar, 59, akan bergabung dengan Joe Biden di Dallas, Texas, malam ini untuk mendukung mantan Wakil Presiden AS tersebut, media AS melaporkan.

Selain Klobuchar, Buttigieg juga akan mendukung Biden dalam rangka mengonsolidasikan pemilih moderat dan menghadang langkah Bernie Sanders yang progresif, yang saat ini memimpin pertarungan tersebut.

Dengan keluarnya Klobuchar, tersisa lima kandidat Demokrat dalam pertarungan untuk menghadapi Presiden AS Donald Trump, yakni Joe Biden, Bernie Sanders, Elizabeth Warren, Michael Bloomberg, dan Tulsi Gabbard.

Sanders, saat ini, memimpin jumlah delegasi dengan 60 delegasi yang diikuti oleh Biden dengan 54 delegasi. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT