03 March 2020, 10:16 WIB

Kemenhub Imbau Masyarakat Hati-hati Gunakan Transportasi Umum


Hilda Julaika | Ekonomi

MENANGGAPI berita masuknya virus korona (Covid-19) ke Indonesia, pemerintah mengimbau masyarakat agar menjaga kesehatan dan keamanan diri.

Melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mewanti-wanti masyarakat agar mawas diri saat menggunakan transportasi umum. Salah satunya dengan menggunakan masker apabila dibutuhkan.

"Jadi saya menyarankan agar di tempat-tempat umum terutama di transportasi umum ya kita gunakan masker saja," ujar Budi Setiyadi di Jakarta, Senin (02/3).

Pemerintah hingga saat ini belum akan melakukan pembatasan transportasi umum. Hal itu disebabkan situasi yang masih dinilai aman dan bisa diantisipasi. Masyarakat dihimbau untuk melakukan antisipasi secara personal terlebih dahulu.

"Sementara belum. Cuma saya menghimbau saja kepada masyarakat terutama di angkutan umum darat, Transjakarta, dan sebagainya," jelas Budi kepada media massa.

Menurut Budi, Kemenhub akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) utamanya dinas kesehatan (Dinkes) setempat. Koordinasi berkaitan dengan pencegahan dan pengawasan di terminal-terminal menju dan dari pelabuhan.

Bahkan Budi menginginkan disiapkan alat khusus untuk pendeteksi virus Covid-19 seperti yang tersedia di bandara.

"Saya akan koordinasi dengan Kemenkes terutama Dinkes setempat. Untuk tempat-tempat terminal yang penyeberangan di tempat saya akan minta perlakuan yang sama seperti yang di bandara. Jadi minimal dideteksi suhu badannya, kemudian seperti yang ada di bandara," tandasnya. (Hld/OL-09)

BERITA TERKAIT