03 March 2020, 10:03 WIB

Pemerintah Maksimal Tangani 2 WNI Positif Korona Agar Bisa Sembuh


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

ISTANA terus memantau perkembangan dua pasien korona yang saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Pemerintah berupaya maksimal dalam perawatan kedua pasien tersebut agar bisa sembuh.

"Kami berupaya semaksimal mungkin agar penanganan berjalan lancar dan pasien yang sedang menjalani perawatan bisa sembuh," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia melalui keterangan resmi, Selasa (3/3).

Baca Juga: Soal Korona, Ketua DPRD DKI Minta Warga Jaga Kondisi Badan

Pemerintah juga melakukan pendataan di lapangan untuk melakukan riset komprehensif terkait Covid-19. Pemeriksaan akan dilakukan kepada masyarakat yang sakit dengan gejala menyerupai korona.

"Tidak hanya dilakukan di Indonesia, penanganan ini juga dilakukan kepada WNI yang berada di luar negeri melalui KBRI di negara masing-masing. Diharapkan, jika terjadi hal-hal yang berkaitan dengan virus ini, bisa dilakukan dengan cepat dan terukur," tuturnya.

Angkie pun mengimbau kepada seluruh warga untuk terus meningkatkan imunitas tubuh dengan menjaga pola makan serta hidup higienis guna meminimalkan potensi terserangnya vitus penyakit apapun.

Selain RSPI Sulianti Saroso, terdapat dua rumah sakit rujukan nasional lain yang sejak awal sudah disiapkan untuk menangani Covid-19, yakni RSPAD Gatot Subroto dan RS Persahabatan.

Secara total ada 100 rumah sakit di seluruh Indonesia yang disiapkan untuk penanganan virus korona.

"Pemerintah sangat serius dalam menghadapi korona yang menurut data WHO merupakan penyakit dengan level tertinggi dalam skala global," tandasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT