03 March 2020, 08:25 WIB

Ketua Jamin Panitia Pemilihan Wagub Independen


Ins/J-2 | Megapolitan

KETUA Panitia Pemilihan Wa­kil Gubernur DKI, Farazan­di Fidinansyah, menjamin dirinya dan anggota plus sekretaris DPRD DKI yang semuanya berjumlah 10 orang akan independen.

“Orang-orang yang terpilih menjadi panitia pemilihan sudah melalui proses panjang dari masing-masing fraksi. Kami menjunjung tinggi integritas dan semangat yang sama mencari wakil gubernur terbaik,” kata Farazandi seusai mengikuti rapat perdana panitia pemilihan di Gedung DPRD DKI Jakarta, kemarin.

Saat ini pihaknya menunggu turunnya surat keputusan penetapan struktur anggota panitia dari ketua DPRD. Durasi kerja panitia diberi waktu 30 hari dan bisa diperpanjang sesuai persetujuan pimpinan DPRD. Wagub terpilih ditargetkan sudah bisa diumumkan bulan ini.

Farazandi yang berasal dari Fraksi PAN memastikan bakal ada uji publik terhadap kedua calon, yakni Politikus PKS Nurmansjah Lubis dan Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria.

Untuk teknisnya seperti apa, panlih akan merumuskan lagi. “Sekali lagi kami mengacu pada tatib yang ada. Jika memang di situ ada, nanti kita sebagai penyelenggara akan melaksanakan. Besok kami akan mengadakan rapat kembali dalam rangka rancangan tahapan kegiatan. Kami sempurnakan kembali agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu wakil gubernurnya,” imbuh Farazandi.

Delapan anggota dewan yang ditunjuk menjadi wakil ketua panitia pemilihan ialah Ketua Fraksi Golkar Basri Baco. Anggotanya terdiri atas Ketua Fraksi Partai Demokrat, Desie Christhyana Sari, dan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan, Dwi Rio Sambodo.

Lalu ada Wakil Ketua I Fraksi Gerindra, S Andyka, dan Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Achmad Yani. Selanjutnya, anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia, Eneng Malianasari, anggota Fraksi Partai NasDem, Muhammad Idris, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Yusuf, serta Sekretaris DPRD DKI, Yuliandi. (Ins/J-2)

BERITA TERKAIT