02 March 2020, 19:48 WIB

Ada Panic Buying, Aprindo : Stok Aman, Setop Serbu Swalayan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DIUMUMKANNYA kasus positif infeksi virus korona Covid-19 di Indonesia menimbulkan serbuan masyarakat yang ingin membeli bahan pokok dalam jumlah besar di sejumlah pasar swalayan di Depok dan jakarta.

Ketua Asosiasi Umum Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Roy N. Mandey mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak melakukan panic buying.

Hal itu menurutnya, justru bisa menimbulkan kepanikan dan permasalahan baru yang tidak perlu terjadi. Ia memastikan anggota Aprindo bisa memenuhi kebutuhan pangan maupun non-pangan masyarakat Indonesia di tengah merebaknya virus korona.

Baca juga : Pemprov DKI Jakarta Setop dan Evaluasi Perizinan Acara

"Tindakan yang over/berlebihan ini justru membuat kepanikan/fobia baru lainnya yang tidak perlu terjadi, disaat sebenarnya seluruh kebutuhan masyarakat tetap dapat terpenuhi dan tercukupi dengan baik," ujar Roy dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/3).

Di sisi lain, Roy juga meminta agar peritel anggota APRINDO terus dan tetap melayani kebutuhan masyarakat serta mengambil tindakan atau kebijakan yang dianggap perlu untuk memastikan bahwa kebutuhan masyarakat dapat terlayani dengan cukup dan baik.

Roy juga mengimbau masyarakat Indonesia untuk lebih memperhatikan kesehatan diri dan keluarga agar tak tertular virus korona. Ia juga meminta masyarakat untuk tidak termakan kabar hoaks terkait virus korona di Indonesia. (OL-7)

BERITA TERKAIT