02 March 2020, 19:32 WIB

Cegah Penularan Korona, KAJ Keluarkan Imbauan untuk Umat Katolik


Thomas Harming Suwarta | Humaniora

OTORITAS Gereja Katolik di Jakarta melalui Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mengeluarkan imbauan kepada seluruh umat Katolik di seluruh Jakarta untuk mengambil langkah antisipasi pencegahan penularan Coronavirus Disease (COVID-19) terutama di gereja-gereja. 

Imbauan ini dikeluarkan oleh Vikjen Keuskupan Agung Jakarta Samuel Pangestu melalui surat tertanggal 2 Maret 2020. Dalam surat yang ditujukan kepada seluruh Pastor Paroki di wilayah Keuskupan Agung Jakarta tersebut, pihaknya mengimbau umat untuk beberapa hal, salah satunya mengajak umat untuk merawat kebersihan tangannya masing-masing dengan membawa hand sanitizer sendiri.

Baca juga: Harga Masker Meroket, Dari Rp20 Ribu jadi Rp300 Ribu

Umat tetap dapat beribadah di Gereja namun mereka yang menderita sakit pernapasan (batuk, pilek, sakit tenggorokan) disarankan tinggal di rumah dan berobat ke dokter.

Adapun air suci di pintu msuk Gereja tetap disediakan. Umat dapat menggunakannya atau pun tidak. Sedangkan untuk penerimaan komuni dianjurkan sebaiknya menggunakan tangan saja.

Untuk ritus salam damai dengan bersalaman masih dapat dilaksanakan dengan tetap memperhatikan kebersihan tangan masing-masing atau umat boleh tidak melakukannya.

Adapun untuk upacara penghormatan salib pada perayaan Jumat Agung nanti, umat dipersilakan membawa dan menggunakan salibnya sendiri. Pihaknya juga mengimbau umat terus mengikuti perkembangan informasi mengenai COVID-19 dari sumber-sumber yang resmi. (OL-6)

BERITA TERKAIT