02 March 2020, 19:31 WIB

Dari 153 Spesimen di Indonesia, 2 Positif Covid-19


 Atalya Puspa | Humaniora

KEMENTERIAN  Kesehatan telah memeriksa sebanyak 153 kasus terduga virus novel korona (COVID-19) dari sejumlah provinsi di Indonesia hingga Minggu (1/3) sore. Adapun, 2 di antaranya terbukti positif terinfeksi COVID-19.

"Dari 153 orang, 2 ketemu positif, ada anak sama ibu," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes Siswanto di Kantor Kemenkes, Jakarta Selatan (2/3).

Adapun, kedua pasien kini telah dirawat di ruang isolasi RSPI Sulanti Suroso, Jakarta Utara. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan, kedua pasien tersebut kemudian akan menjalani pemeriksaan kembali dalam lima hari ke depan.

"Keduanya sampai saat ini baik. Tetapi karena ini belum 5 hari dari, saya nunggu 5 hari lagi. (Nanti) 5 hari lagi baru saya akan periksa lagi. karena itu untuk ketentuan WHO untuk orang yang sakit, 5 hari di cek ulang, nunggu 5 hari lagi, baru bisa dikeluarkan," beber Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, pada kesempatan sama.

Baca juga: 48 Orang Terlacak Memiliki Kontak Langsung dengan Pasien COVID-19

Diketahui juga, hingga saat ini Balitbangkes telah memeriksa sebanyak 188 spesimen dari ABK Kapal World Dream, dan hasilnya negatif. Adapun, sebanyak 68 spesimen dari ABK Diamond Princess masih dalam proses pemeriksaan.

Terawan mengimbau kepada masyarakat luas agar tidak panik dan tetap mengikuti prosedur yang telah diberlakukan oleh pemerintah.

"Virus itu kuncinya satu, imunitas, kebersihan, dan rajin cuci tangan," tandasnya. (A-2)

BERITA TERKAIT