03 March 2020, 08:25 WIB

Fesyen Ramah Lingkungan di Plaza Indonesia Fashion Week 2020


Abdillah Marzuqi | Weekend

CHITRA Subyakto dari Sejauh Mata Memandang akan menyajikan beberapa rancangan dalam Plaza Indonesia Fashion Week 2020. Citra mengungkap akan mengeluarkan rancangan berupa daur ulang dari baju bekas pakai.
"Kita keluarkan namanya Daur Kembali. Jadi kita bikin program namanya Sejauh Daur Kembali," ujar Chitra saat ditemui usai jumpa pewarta di Plaza Indonesia (2/3).

Program tersebut akan memberi nyawa kedua untuk busana yang mungkin sudah tidak utuh agar bisa kembali dipakai.
"Jadi orang-orang yang sudah punya produk kita, tapi mungkin sudah robek, bolong, atau ada nodanya, itu bisa dikembalikan ke kita," tegasnya.

Chitra menegaskan melalui ajang tersebut, ia ingin memberi kesempatan kedua pada kain-kain untuk hidup kembali. Ia menyebutnya sebagai
circular fashion.

"Kita ingin kasih kesempatan kedua untuk kain-kain ini untuk hidup kembali. Jadi kayak circular fashion," tandasnya.

Senior Manager Event & Promotions and Creative Services Plaza Indonesia, Ria Juwita, mengungkapkan bahwa konsep yang diusung Chitra Subyakto sejalan dengan kampanye ramah lingkungan yang dilakukan Plaza Indonesia.

"Memang secara global kita memang lagi campaign untuk ramah lingkungan contohnya Chitra Subyakto dari Sejauh Mata Memandang. Dia koleksinya kali ini adalah daur ulang. Jadi dia benar-benar memakai baju-bajuunya itu berbentuk dari, patchwork, adalah dari bahan-bahan yang sudah pernah dipakai," terang Ria.

Plaza Indonesia Fashion Week 2020 merupakan salah satu rangkaian dari perayaan hari jadi Plaza Indonesia yang ke-30. Perayaan bertema Amazing 30 itu bakal dihelat selama bulan Maret, termasuk Plaza Indonesia Kids Fashion Week 2020 dan Plaza Indonesia Fashion Week 2020 yang akan berlangsung selama 12 hari pada 14-25 Maret 2020.

Plaza Indonesia Kids Fashion Week 2020 merupakan pekan mode anak yang ke-dua dan akan diselenggarakan pada tanggal 14 dan 15 Maret di The Warehouse level 5 Plaza Indonesia. Dalam dua hari tersebut, berbagai inspirasi tren busana anak-anak untuk usia dibawah 10 tahun. Sedangkan Plaza Indonesia Fashion Week: Spring Summer 2020, yang sudah diselenggarakan untuk ke-13 kalinya akan dilangsungkan pada 16 hingga 25 Maret 2020 di The Warehouse lantai 5 Plaza Indonesia.

"Plaza Indonesia Fashion Week tahun ini akan lebih menarik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena pada perayaan ulang tahun Plaza Indonesia yang ke 30, kami akan menghadirkan 30 peragaan busana dari 30 brand dan perancang busana ternama Indonesia yang akan menampilkan 30 koleksi terbaiknya. Selain itu, curated show yang akan diadakan pada hari kelima PIFW akan bertema I Am Fashion, dimana kami menganggap para perancang busana ini mampu menciptakan sebuah tren di kalangan masyarakat Indonesia," pungkas Ria. (M-1)

BERITA TERKAIT