02 March 2020, 18:47 WIB

Penumpang Kapal Coral Adventurer Akhirnya Diizinkan ke Kelimutu


Palce Amalo | Nusantara

PENUMPANG Kapal Pesiar MV Coral Adventurer akhirnya diperbolehkan turun dari kapal di Pelabuhan Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), setelah hasil pemeriksaan memperlihatkan tidak ada yang terjangkit virus korona. Kapal tersebut tiba di Ende pada Minggu (1/3) sekitar pukul 21.00 Wita setelah sebelumnya ditolak Pemerintah Kabupaten Alor dan Lembata.
Petugas Kantor Karantina Pelabuhan (KKP) setempat kemudian melakukan pemeriksaan terhadap kru dan penumpang.

"Semua prosedur pemeriksaan sama seperti kemarin (di Kupang) dan semua masih terpantau sehat," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha, KKP Kelas III Kupang, Hengki Yanres Jezua, Senin (2/3).

Setelah dinyatakan sehat, otoritas pelabuhan memperbolehkan penumpang turun dari kapal dan berkunjung ke Danau Tiga Warna Kelimutu. Akan tetapi selama berada di darat maupun di lokasi wisata tersebut, pemerintah daerah tetap memberlakukan pembatasan seperti tidak boleh melakukan kontak langsung dengan masyarakat.

baca juga: Turis Positif Korona, Puluhan Pegawai Hotel di Bali Diawasi Ketat

Pemda mengizinkan dengan catatan pembatasan berskala sosial yakni tetap diawasi dan tidak boleh melakukan aktivitas atau kontak langsung dengan masyarakat selama masa inkubasi berlangsung," ujarnya.

Kapal tersebut dijadwalkan melanjutkan pelayaran ke Komodo di Kabupaten Manggarai Barat sekitar pukul 21.00 Wita. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT