02 March 2020, 18:44 WIB

Jabar Tetapkan Siaga Satu Hadapi Korona


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

PASCA Warga Negara Indonesia terpapar virus Corona atua Covid -19, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah menetapkan Jawa Barat berstatus Siaga Satu. Hal ini disampaikannya usai acara FGD Penanganan Bencana Banjir di Wilayah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (2/3)

"Secara umum Jawa Barat sudah siap sejak dua minggu lalu, dan statusnya siaga satu, 27 daerah rumah sakitnya sudah siap," kata laki-laki yang akrab disapa Kang Emil ini.

Ia pun menegaskan kepada beberapa pihak, termasuk rumah sakit yang merawat dua WNI terkena korona untuk segera merekondisi keadaan seperti sedia kala. Kabarnya Kang Emil pun akan bergegas ke Depok untuk mengetahui keadaan terkini. Hal jni menjadi kewajibannya mengingat Depok masuk ke wilayah Jawa Barat

"Kejadiannya di Jakarta, tapi KTPnya kan di Depok. Sehingga habis disini saya akan di depok bersama Walikota," ungkapnya. Rencananya ia pun akan membagikan ribuan masker kepada warga Depok dan mencari tahu kebutuhan warganya.

Langkah selanjutnya, selain berkordinasi dengan pihak terkait, dirinya terus menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan bersikap proaktif. "Proaktif menjaga kesehatan tubuh dan proaktif melapor jika mencurigai teman, saudara atau keluarga yang terindikasi korona," katanya. (OL-4)

BERITA TERKAIT