02 March 2020, 17:56 WIB

Korona Masuk ke Indonesia, Pemerintah akan Buka Crisis Center


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

MENANGGAPI dua warga Depok Jawa Barat yang positif terkena virus Corona atau Covid-19, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan akan membuka crisis center.

"Ada, ada rencana (buka crisis center)," katanya di Gedung BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (2/3). Hal ini katanya akan segera didiakusikan bersama jajarannya. 

"Ini mau rapat, mau kita bahas," tambahnya.

Untuk menanggulangi virus yang mengkhawatirkan seluruh dunia ini, pemerintah pun menginginkan banyak lembaga untuk bersinergi dengan memperbanyak rumah sakit rujukan di daerah. 

"Tentu saja tidak hanya ditangani pemerintah saja, tapi melibatkan pihak-pihak terkait dan masyarakat luas," katanya.

Baca juga: Pelayanan Pasien Umum di RSPI Sulianti Berjalan Normal

Ia meminta masyarakat untuk tidak panik, namun tetap harus dibarengi kewaspadaan mengingat virus yang berasal dari Tiongkok ini belum ditemukan obatnya. Muhadjir mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga daya tahan tubuh dan melakukan pola hidup sehat. 

"Yang penting daya tahan tubuhnya bagus. Kalau bagus, virus pun kalah," ucapnya.

"Masyarakat harus menggalakan kegiatan gerakan masyarakat sehat (Germas) yang dilakukan di sekolah-sekolah dan pos pelayanan terpadu, desa, RT dan RW. Kuncinya satu daya tahan tubuh," pungkas Muhadjir. (A-2)

BERITA TERKAIT