02 March 2020, 17:42 WIB

Pelayanan Pasien Umum di RSPI Sulianti Berjalan Normal


Ilham Ananditya | Humaniora

SUASANA RSPI (Rumah Sakit Penyakit Infeksi) Sulianti Saroso sejauh ini tampak normal sejak adanya WNI yang terindikasi positif terkena virus corona dan dirawat di RSPI di daerah Sunter Permai Raya, Jakarta Utara.

Menurut pantauan Media Indonesia, ruangan IGD dan ICU serta lobby depan RSPI juga tampak biasa bagi calon pasien umum lainnya. Tidak nampak pengamanan khusus bagi calon pasien yang umum. Hanya dibedakan oleh gedung yang berbeda, ruang isolasi bertempat di Gedung Mawar RSPI.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Muhammad Syahril menambahkan, "Semua itu memang sudah disiapkan khusus oleh RSPI. Sesuai SOP dan hanya dikhususkan bagi ODP (orang dalam pemantauan)."

Penanganan kedua orang WNI yang positif terkena virus corona juga sudah ditangani sesuai standar dan perintah Kementerian Kesehatan, "Sudah (melibatkan) ada (disiapkan) 40 orang dokter dan 200 perawat khusus di RSPI ini" ujar Syahrul.

RSPI tampak ramai seperti biasa di rentang 07.00 hingga 12.00 WIB. Namun setelah itu nampak lengang. Penjagaan berlapis memang disiagakan di gedung ruang isolasi karena memang SOP dari Kemenkes sendiri. Pemberian masker sendiri sudah dilakukan untuk karyawan dan tenaga medis di RSPI sebagai bentuk pencegahan potensi resiko penyakit ini.(OL-4)

BERITA TERKAIT