02 March 2020, 17:11 WIB

Panlih Jamin Independensi Pemilihan Wagub DKI


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

KETUA panitia pemilihan (panlih) dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Farazandi Fidinansyah menjamin adanya independensi dalam pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta. Diketahui, ada sembilan anggota panlih yang dikirimkan oleh masing-masing fraksi dan ditambah sekretaris DPRD.

"Orang-orang yang terpilih di panlih ini sudah melalui proses panjang dari masing-masing fraksi untuk menjunjung tinggi intergritas dan semangat yang sama demi mencari siapa wakil gubernur terbaik yang bisa menemani pak gubernur," kata Farazandi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (2/3).

Baca juga: Miliki Gejala Batuk dan Demam, Warga Dianjurkan Periksa ke Faskes

Saat ini, pihaknya menunggu turunnya Surat Keputusan (SK) penetapan struktur anggota panlih dari ketua DPRD. Pemilihan wagub pun ditargetkan selesai pada bulan ini. Durasi kerja panlih pun hanya 30 hari atau bisa diperpanjang sesuai persetujuan pimpinan DPRD.

"Besok kita akan mengadakan rapat kembali dalam rangka rancangan tahapan kegiatan. Kami sempurnakan kembali agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu wakil gubernurnya," kata Farazandi.

"Jadi sehabis ini kita merancang jadwal sesuai dengan masa jabatan panlih yang tidak lebih dari 30 hari. Kami menunggu agar segera SK finalnya keluar jadi kita bisa bekerja langsung," lanjutnya.

Panlih juga memastikan bakal ada uji publik atau fit and proper test yang dilakukan oleh dua calon, yakni Nurmansjah Lubis (PKS) dan Ahmad Riza Patria (Partai  Gerindra). Untuk teknisnya seperti apa, panlih akan merumuskan lagi.

"Ya (ada), kalau secara teknis nanti. Sekali lagi kami mengacu pada tatib yang ada. Jika memang di situ ada, nanti kita sebagai penyelenggara panlih akan melaksanakan itu," tandas Farazandi. (OL-6)

BERITA TERKAIT