02 March 2020, 16:36 WIB

Jepang Respon Dukungan Indonesia soal Pelaksanaan Olimpiade


Akmal Fauzi | Olahraga

KETUA Umum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari telah mengirim surat dukungan ke Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 untuk tetap mempersiapkan penyelenggaraan pesta olahaga dunia itu dengan baik di tengah wabah virus korona baru (Covid-19).

"Kami beri dukungan, kami memberikan tawaran apa yang bisa kami support akan kami berikan," kata Okto di Rapat Anggota 2020 Komite Olimpiade Indonesia, di Jakarta, Senin (2/3).

Okto mengatakan, Jepang telah merespon dukungan yang diberikan Indonesia. Sejauh ini, kata Okto, belum ada pengumuman resmi dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) soal ditunda atau tidaknya Olimpiade yang rencananya digelar mulai 24 Juli nanti.

"Sepemahaman kami mereka masih menunggu sampai Mei. Dukungan yang kami berikan, kami mendapat respons yang cukup positif dari teman-teman dari Jepang," kata Okto.

Baca juga: Diguncang Korona, IOC Ingin Olimpiade Tokyo Tetap Berjalan

Selain Jepang, pihaknya juga telah berikirim surat Komita Olimpiade Tiongkok untuk memberikan dukungan atas wabah Covid-19 yang melanda negara mereka.

"Ketika semua orang buang muka, kami mengulurkan tangan untuk memberikan support kepada mereka," kata Okto.

Langkah memberikan dukungan kepada Jepang dan Tiongkok, kata Okto, sebagai upaya menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara besar. Ia mengatakan sebagai negara besar Indonesia telah menunjukkan perilaku yang baik dengan mendukung pelaksanaa Olimpiade 2020. (A-2)

BERITA TERKAIT