02 March 2020, 15:39 WIB

Nasdem Nilai Pemerintah Sudah Prosedural Atasi Korona


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

PEMERINTAH dinilai telah menjalankan prosedur dalam rangka mengantisipasi meluasnya korban virus korona atau covid-19.

Menurut Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR RI, Willy Aditya, prosedur tersebut dilakukan penelusuran kontak dengan pengidap virus ini, WNA asal Malaysia, adalah salah satu upaya yang juga disarankan oleh lembaga kesehatan dunia dalam menangkal meluasnya korban virus corona.

“Temuan korban ini menandakan pemerintah sudah punya langkah yang tepat. Pelacakan kontak itu salah satu langkah. Disamping itu juga, pemerintah telah mendapatkan informasi ilmiah dari WHO dan Tiongkok untuk mengkaji mekanisme kerja virus dan cara menghalaunya. Penelitiannya juga terus berlangsung. WNI yang dipulangkan dari Wuhan dan kapal pesiar diamond princess juga kita lihat dipantau. Jadi memang sudah ada langkah,” ucapnya dalam keterangan resmi, Senin (2/3).

Willy menegaskan pentingnya masyarakat untuk mempercayai langkah yang diambil pemerintah agar tidak terjadi kepanikan yang justru akan berdampak lebih merugikan ketimbang penyakit yang dimunculkan.

“Pemerintah sudah menyiapkan lebih dari 100 rumah sakit yang siap menjadi tempat merawat dan memantau korban virus korona. Presiden juga sudah memberi isyarat tentang kondisi kebencanaan jika diperlukan penanganan yang lebih jauh. Jadi akan lebih baik jika kita sama-sama percayakan langkah yang diambil pemerintah,” katanya.

Petinggi Partai NasDem ini juga mengingatkan agar masyarakat juga dapat bahu-membahu membantu pemerintah untuk menghalau peluasan korban korona. Menurutnya kebiasaan hidup sehat harus ditingkatkan agar virus tidak terus menjangkiti banyak orang.

“Menjaga kebersihan dan kesehatan penting untuk membangun imunitas tubuh dari serangan virus. Karena itu pemerintah perlu juga mengencangkan kampanye kebiasaan hidup sehat. Cuci tangan, makan sehat, olah raga perlu digalakkan kembali. Pemerintah perlu mengintensifkan kampanye gaya hidup sehat ini,” jelasnya.

Willy menyampaikan sinergi pemerintah dan masyarakat diyakini dapat mengatasi peluasan penjangkitan covid-19. Menurutnya, antisipasi dampak lanjutan dari penyakit akibat corona salah satunya bisa dimulai dari menghindarkan masyarakat dari informasi yang membuat kepanikan.

“Kalau kepanikan yang terjadi di masyarakat, maka dampaknya bisa jauh lebih merugikan ketimbang penyakit itu sendiri dan ini bisa terjadi jauh lebih panjang. Pemerintah sudah berusaha dengan perencanaan yang matang menghalau covid-19, karenanya masyarakat harus menyakini hal tersebut. Tidak perlu menambah kepanikan dengan menyebarkan informasi yang tidak benar,” pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT