02 March 2020, 15:10 WIB

69 ABK Diamond Princess Dikarantina di Kapal RS Soeharso


Ilham Ananditya | Humaniora

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan hasil VCR 69 anak buah kapal Diamond Princess yang telah tiba di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (1/3) pukul 23.00 WIB dinyatakan negatif.

"69 ABK Diamond Princess datang jam 23.00 di Bandara Kertajati pada Minggu (1/3) pukul 23.00 WIB. Mereka langsung menuju karantina pesawat. Saat turun langsung dekontaminasi 69 orang. Kemudian baru masuk ke dalam bis khusus yang dilengkapi perlengkapan (khusus) termasuk filter. Jumlahnya (bis yang disiapkan) lima, yang dipakai tiga dan cadangannya dua" tutur Terawan, Senin (2/3).

Bus-bus tersebut membawa 69 ABK ini ke Pelabuhan PLTU Indramayu. Kementerian Kesehatan telah menunjuk RSPI Sulianti Saroso Jakarta sebagai rumah sakit yang menangani pasien-pasien suspect virus korona.

baca juga: Ini Dia Gejala Infeksi Korona dari Hari ke Hari

"Di sana ada kapal rumah sakit Soeharso. Perjalanan 1,5 jam dari Bandara Kertajati menuju Indramayu. Kemudian sampai di sana turun dari bis langsung dekontaminasi (lagi). Sebelum masuk ke kapal lalu dilakukan dekontaminasi (lagi). Semua hasil 69 sampel itu secara khusus dibawa Jakarta ke Balitbangkes" tambah Terawan.

Dia menambahkan dari sampel yang diteliti memiliki masa inkubasi virus maksimal 14 hari.

"Setelah masa inkubasi, apapun hasilnya nanti langsung diumumkan," tegasnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT