02 March 2020, 14:23 WIB

Tim Tanggap COVID-19 Terus Pantau Warga DKI


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMPROV DKI Jakarta membentuk Tim Tanggap COVID-19 untuk merespons secara cepat dan layanan kepada seluruh warga DKI Jakarta. Posko informasinya berkantor di Dinas Kesehatan DKI Jakarta di Jalan Kesehatan, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menegaskan Tim Tanggap COVID-19 akan memonitor semua potensi penularan. Posko itu akan menjadi wilayah kerja lintas SKPD yakni Dinkes, BPBD DKI, Dinas Pendidikan, Kesbangpol, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Biro Perekonomian.

Baca juga: Pemprov DKI Bentuk Tim Tanggap Virus Korona

"Jakarta adalah pertemuan banyak orang dari negara-negara lain. Oleh karenanya, kita sejak pertengahan Januari sudah bahas kemunculan Covid 19 di Jakarta. Pemantauan dilakukan terus-menerus oleh Dinkes. Oleh tim gerak cepat yang memonitor semua potensi penularan penyakit yang khususnya terkait COVID-19," ujar Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Senin (2/3).

Tidak hanya itu, sejak lama Dinkes sudah membentuk pemodelan interaksi warga yang sedang dalam pemantauan dan pengawasan. Menurutnya, dengan pemodelan interaksi dan wilayah aktivitas warga, Pemprov ingin menekan penyebaran virus.

"Sejauh ini Dinkes sudah melakukan penyelidikan epidomologi. Tiap orang dibentuk pattern-nya berinteraksi dengan siapa ke mana pattern itu sudah ada sudah dipantau. Ini dilakukan dalam rangka meminimalisir potensi penularan Covid-19. Kami harap bisa terisolasi tidak menyebar," ujarnya. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT