02 March 2020, 14:06 WIB

Komisi IX: Beri Kepercayaan Pemerintah untuk Atasi Virus Korona


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

ANGGOTA Komisi IX DPR, Anas Thahir, mengimbau pada masyarakat agar tidak panik dengan ditemukannya dua orang positif korona di Indonesia. Ia berharap masyarakat tenang dan memercayai pemerintah dalammengatasi penyebaran virus korona.

"Pasca diumumkannya telah ditemukan dua warga yang terpapar virus korona di Indonesia. Masyarakat Indonesia perlu tetap memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada pemerintah untuk menangani pasien penyakit menular tersebut," ujar Anas, dalam keterangannya, Senin (2/3).

Baca juga: Sebar Hoaks Virus Korona, Fahira Idris Dilaporkan ke Polisi

Anas mengatakan, harus diakui bahwa saat ini masih ada masyarakat yang ragu dengan kemampuan pemerintah dalam mendeteksi serta menangani pasien dengan baik. Keraguan tersebut harus dijawab oleh pemerintah dengan menunjukkan bahwa mereka telah melakukan semua prosedur yang benar terkait penyebaran virus korona.

"Masyarakat diharapkan tidak panik dan takut berlebihan. Namun, warga diminta lebih meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari penyakit tertular tersebut serta melakukan berbagai upaya yang mampu mencegah tertularnya penyakitdengan membudayakan hidup sehat, mencuci tangan dengan sanitizer dan lainnya," ujar Anas.

Ia mengatakan pemerintah harus melakukan sosialisasi pencegahan penularan virus korona secara berkala, terus menerus, dan menggunakan media yang efektif. Dengan begitu, sosialisasi itu bisa sampai dan diikuti oleh masyarakat. (OL-6)

BERITA TERKAIT