02 March 2020, 12:41 WIB

Ini Kronologi Dua Warga Terinfeksi Korona


Andhika Prasetyo | Humaniora

PEMERINTAH baru saja mengumumkan dua kasus positif virus korona pertama di Indonesia.

Penyakit mematikan itu menjangkiti seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun yang bertempat tinggal di Depok, Jawa Barat.

Diduga, mereka tertular dari warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia yang juga telah dinyatakan terinfeksi korona

"Jadi ada warga negara Jepang. Dia tinggal di Malaysia dan melakukan perjalanan ke Indonesia. Setelah kembali ke Malaysia, dia diperiksa karena sakit. Setelah beberapa hari, dia dinyatakan positif Covid-19," ujar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3).

Baca juga: Jokowi Konfirmasi Kasus Virus Korona Pertama di Indonesia

Setelah warga Jepang itu dipastikan mengidap korona, pemerintah Malaysia langusung menghubungi tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menelusuri riwayat perjalanan orang tersebut.

"Kita tracking, dia kontak dengan siapa saja. Ditemukanlah dua pasien ini. Mereka memang melakukan kontak langsung," tuturnya.

Kini, dua warga Indonesia pengidap korona itu tengah dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta.

"Mereka ditempatkan di ruang khusus isolasi sehingga tidak akan terkontak dengan pasien lain. Saya juga akan ke sana karena harus terus memantau," papar Terawan.

Dengan kemunculan kasus pertama tersebut, pemerintah memastikan tidak akan menyembunyikan fakta terkait korona di Indonesia.

Kalau negatif, ya negatif. Positif, ya positif. Tidak ada kita sembunyi-sembunyikan," tandasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT