02 March 2020, 09:45 WIB

Jerman Siapkan Langkah Stimulus Fiskal Hadapi Dampak Virus Korona


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

JUMLAH kasus virus korona baru (Covid-19) yang dikonfirmasi di Jerman telah melonjak menjadi 117 dari yang sebelumnya 66 orang. Hal itu diungkapkan Robert Koch Institute untuk pengendalian penyakit.

Menteri Keuangan Olaf Scholz mengatakan dalam sambutannya yang dipublikasikan hari ini bahwa Jerman akan berada dalam posisi untuk memperkenalkan langkah-langkah stimulus fiskal jika virus korona memicu krisis ekonomi global.

Sementara Menteri Dalam Negeri Horst Seehofer mengatakan kepada surat kabar utama Bild am Sonntag ia memperkirakan vaksin Covid-19 akan tersedia pada akhir tahun ini.

Baca juga: Pendiri Gereja Shincheonji Bakal Diinvestigasi Terkait Korona

Ditanya apakah Jerman akan siap untuk mengunci kota-kota dan daerah untuk mengendalikan epidemi, Seehofer mengatakan, "Itu akan menjadi pilihan terakhir."

Komite krisis pemerintah Jerman telah memperluas pedoman perjalanan lintas batas dan membatalkan acara internasional utama. Adapun menteri kesehatan telah menyarankan orang-orang dengan gejala flu untuk menjauh dari acara massal.

Lebih dari setengah kasus Covid-19 terjadi di North Rhine-Westphalia, negara bagian terpadat di Jerman.

Beberapa sekolah dan pusat penitipan anak di daerah itu akan ditutup, Senin (2/3), untuk mencoba mencegah penyebaran virus setelah anggota staf dinyatakan positif. (NST/OL-1)

BERITA TERKAIT