02 March 2020, 07:15 WIB

IPB Keluarkan Imbauan Khusus Terkait Virus Korona


Dede Susianti | Humaniora

IPB mengeluarkan pesan khusus berupa imbauan setelah memperhatian kian merebaknya wabah virus korona (COVID-19).

Melalui rilis yang dibagikan kepada media massa, Rektor IPB Arif Satria mengeluarkan lima pesan.

Kelima pesan itu yakni agar seluruh warga IPB tetap mengedepankan sikap positif, memelihara persahabatan, dan membina semangat kerja sama.

Rektor meminta agar seluruh warga IPB senantiasa optimistis melangkah maju disertai kewaspadaan dan kehati-hatian dengan berpedoman pada kebijakan Pemerintah Republik Indonesia dalam menyikapi dan mengantisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan kampus.

Baca juga: WNI ABK Diamond Princess Sudah Tiba di Pelabuhan PLTU Sumuradem

Pesan kedua adalah untuk sementara menangguhkan kunjungan tamu dari negara-negara terdampak COVID-19 ke lingkungan IPB sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Selain dari Tiongkok, sesuai dengan kebijakan pemerintah sejauh ini belum ada larangan. Namun, dimohon agar para pimpinan fakultas, departemen, pusat studi dan/atau unit kerja lain melaporkan kepada Pimpinan IPB melalui email wr3@apps.ipb.ac.id, jika ada rencana kunjungan tamu, khususnya dari negara-negara terdampak COVID-19.

Pesan ketiga, agar untuk sementara menangguhkan perjalanan ke negara-negara terdampak COVID-19.

Untuk perjalanan luar negeri yang sifatnya penting dan tidak dapat ditunda, harus meminta persetujuan pimpinan unit kerja, dengan tembusan kepada Rektor cq. WR3 IPB.

"Bagi yang diberikan izin dimohon untuk mengikuti prosedur kesehatan berdasarkan ketentuan Pemerintah Republik Indonesia dan otoritas kesehatan setempat," tegas Rektor.

Imbauan lainnya atau pesan keempat, bagi mereka yang baru selesai melakukan perjalanan ke luar negeri, dimohon segera melaporkan kedatangannya kepada pimpinan unit kerja, dengan tembusan email ke wr3@apps.ipb.ac.id.

Apabila kurang sehat, khususnya yang baru tiba dari negara-negara terdampak COVID-19 kurang dari 14 hari yang lalu, sebagai langkah pencegahan diwajibkan untuk segera melakukan pemeriksaan ke Poliklinik IPB atau rumah sakit dan melaporkan hasilnya kepada pimpinan unit kerja dengan tembusan kepada Rektor cq. WR3 IPB.

Pesan terakhir Rektor Arif adalah agar seluruh warga IPB selalu menjaga kesehatan.

Jika merasa sakit atau mengetahui rekan, atau tamu IPB mengalami gangguan kesehatan khususnya yang mengarah pada gejala COVID-19, harap segera melakukan pemeriksaan ke Poliklinik IPB atau rumah sakit terdekat agar segera mendapatkan penanganan semestinya.

"Semoga seluruh warga IPB dan keluarganya selalu sehat dan senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT,"pungkas Arif. (OL-1)

BERITA TERKAIT