01 March 2020, 22:20 WIB

Pendidikan Jadi Kunci Wujudkan SDM Unggal Indonesia


Syarief Oebaidillah | Humaniora

SEKTOR pendidikan menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus dibereskan oleh pemerintah Indonesia untuk bisa mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang akan menopang visi Indonesia Maju Presiden Joko Widodo.

Meski demikian, pendidik atau guru dihadapkan pada tantangan perubahan cara belajar dan mengajar guna mencapai tujuan pembelajaran siswa Indonesia, yang memiliki kemampuan literasi, numerasi, dan karakter yang lebih baik agar memiliki kemampuan yang dibutuhkan di era Industri 4.0.

Sekretaris Yayasan Mentari Group Hendro Hassen mengatakan Merdeka Belajar yang dicetuskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejatinya dapat mengubah paradigma pendidikan ke siswa dan guru.

"Kami sejak lama telah mengembangkan sistem belajar yang mirip dengan konsep Merdeka Belajar di sejumlah sekolah di Jakarta," kata Hendro.

Baca juga : Perundungan Terjadi Akibat Lemahnya Peran Guru dan Orang Tua

Adanya program Merdeka Belajar, lanjut Hendro, juga mensyaratkan adanya pelatihan bagi guru terhadap konsep baru tersebut. Mentari Group pun telah memiliki program 100 hari pelatihan yang mempersiapkan giru agar bisa mengajar di sekolah internasional atau Satuan Pendidikan Kerja sama (SPK) yang punya konsep seperti Merdeka Belajar.

Upaya terbaru yang dilakukan Mentari Group ialah dengan menggelar Konferensi Pendidikan ASTA Day 2020 yang merupakan kerja sama dengan penerbit ASTA Ilmu Sukses.

Konferensi yang dimulai Sabtu (29/2) itu mempertemukan para guru dan pendidik di Indonesia dengan para pakar di bidang pendidikan dan pengajaran.

"Dari pengalaman selama 19 tahun bergerak di sektor pendidikan, Grup Mentari secara konsisten terus menggaungkan program pembelajaran yang berfokus pada kemampuan abad 21, hasil TIMS dan PISA, kerangka kurikulum internasional, dan program pembelajaran yang diselaraskan dengan kurikulum nasional, " kata CMO Mentari Group Natalina Rimba. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT