01 March 2020, 21:00 WIB

Menjaga Loyalitas Pelanggan dengan Program Membership


Deri Dahuri | Ekonomi

PERTUMBUHAN bisnis ritel segmen kesehatan dan kecantikan pada 2019 ditaksir menembus 30% dari capaian tahun lalu. Angka tersebut  jauh di atas pertumbuhan industri ritel modern secara keseluruhan yang diyakini tak sanggup menyentuh 6% tahun ini.

Lembaga survei AC Nielsen Indonesia menjelaskan, pesatnya pertumbuhan bisnis ritel modern segmen kesehatan dan kecantikan (health and beauty) dipicu perubahan gaya hidup masyarakat kelas menengah, yang mulai memperhatikan kesehatan dan penampilan diri.

Pertumbuhannya yang cukup besar tersebut juga dipengaruhi tren digital yang ingin tampil di media sosial.

Di sisi lain,  Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengatakan bahwa pertumbuhan ritel segmen kesehatan dan kecantikan pada semester I/2019 mencapai 20% secara year on year (yoy).

Tren tersebut pada akhirnya mendesak para peritel segmen kesehatan dan kecantikan untuk menyusun strategi promosi yang tepat agar bisa bertahan di tengah ketatnya iklim kompetisi.

Sebagai ritel kesehatan dan kecantikan terkemuka di Asia dan Eropa, Watsons Indonesia terus berinovasi dan selalu mengedepankan kebutuhan pelanggan di Tanah Air.

Untuk menarik konsumen, Watsons Indonesia menaruh fokus pada strategi customer relationship management (CRM) dengan tujuan dalam menjaga loyalitas pelanggannya.

Berbagai aktivitas ke arah CRM yang dilakukan guna mengubah potential costumer menjadi loyal customer melalui program membership. Terbukti dalam dua tahun, Watsons Indonesia mampu mencapai jumlah 1 juta member pelanggan setia.

Langkah awal yang dilakukan Watsons untuk CRM ini adalah dengan menghadirkan loyaltas program dengan bentuk membership Watsons dan mengusung tagline, ‘Jadi Member Pasti Untung’, yang berarti member akan menerima berbagai keuntungan.

Mulai dari mendapatkan poin pada setiap transaksi berbelanja yang dapat dipakai untuk mengurangi pembayaran, promosi harga spesial khusus member baik di gerai Watsons dan online.

Tak hanya itu, menjadi member akan mendapat keuntungan di berbagai merchant partner yang telah bekerja sama dengan hanya menunjukkan kartu membership Watsons untuk mendapatkan potongan diskon seperti di Traveloka Experience, Prodia, Diva Karaoke dan masih banyak yang lainnya.

“Sebanyak 1 juta member ini menandakan kepercayaan masyarakat terhadap keuntungan yang didapat jika menjadi member Watsons,” ujar Lilis Mulyawati, Presiden Direktur Watsons Indonesia, di Jakarta, Minggu (1/3).

Watsons juga menghadirkan program Watsons One Pass, yakni mengintegrasikan loyaltas  program tersebut di tujuh negara lain di Asia di antaranya Hong Kong, Macau, Tiongkok, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Menurut Lilis, para pelanggan setia dapat menikmati keuntungan-keuntungan promo membership di negara-negara tersebut dan pelanggan tetap dapat memperoleh reward poin serta berbagai promo menarik di negara tujuan.

Bukan hanya itu, selama Maret 2020, Watsons memberikan keuntungan lainnya untuk member, tukar 1 poin gratis produk ke-2. Ini berarti bahwa bagi pelanggan yang memiliki kartu membership Watsons, pada setiap pembelanjaan produk tertentu dapat menukarkan 1 poin dengan produk yang sama.

Di samping itu pelanggan setia juga dimanjakan dengan tambahan diskon dan reward poin lebih besar pada produk tertentu jika berbelanja menggunakan kartu membership tentunya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT