01 March 2020, 21:24 WIB

Microsoft Dinilai Bisa Datangkan Raksasa Teknologi Lain Ke RI


Putra Ananda | Ekonomi

EKONOM Universitas Indonesia Fithra Faisal menyebut pemerintah harus bisa menjamin rencana investasi Microsoft terwujud. Hal tersebut dikarenakan dalam beberapa tahun mendatang bisnis yang bergerak di bidang teknologi dan informasi memiliki prospek yang baik.

"Pertumbuhan sektor jasa informasi ini cukup signifikan. Kalau kita lihat pertunbuhannya selalu berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional," tutur Fithra saat dihubungi di Jakarta, Minggu (1/3).

Kedatangan Microsoft ke Indonesia akan menimbulkan efek domino yang positif. Fithra menyebut, Microsoft sebagai perusahaan teknologi informasi raksasa di tingkat global akan mampu mengundang investor-investor lain untuk memanfaatkan potensi pasar TI di Indonesia.

"Microsoft sebagai elading sektor IT secara global ini pasti akan mengundang yang lain. Ini yang harus diperhatikan," tuturnya.

Untuk itu, Fithra menilai pemerintah wajib mempermudah atau membuat regulasi yang ramah bagi para investor yang ingin bergerak di bidang pengelolaan data center atau pusat data di Indonesia.

Baca juga : Sambut Microsoft, Pemerintah Siapkan Aturan Investasi Data Center

Sektor jasa teknologi informasi merupakan salah satu sektor kunci dalam pertumuhan ekonomi nasional.

"Sektor jasa inforasi ini pertumbuhanya sangat significan. Sektor informasi ini merupakan salah satu sektor kunci yang memiliki keterkaitan antarsektor," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah memberi tenggat selama 1 minggu untuk menyelesaikan aturan terkait pusat data di Indonesia

Percepatan aturan ini berkaitan dengan janji Jokowi kepada Microsoft yang berencana untuk membangun data center di Indonesia. (OL-7)

BERITA TERKAIT