01 March 2020, 19:32 WIB

Polresta Sidoarjo Buka Pelayanan SIM Hari Minggu


Heri Susetyo | Nusantara

POLRESTA Sidoarjo, Jawa Timur, memberikan pelayanan permohonan surat izin mengemudi (SIM) di hari Minggu. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan masyarakat, khususnya yang tidak bisa mengurus SIM saat hari kerja. Kuota pelayanan SIM hari Minggu hanya 100 pemohon.

"Terobosan program SIM Minggu Polresta Sidoarjo guna menjawab masukan dari masyarakat, yang selama ini tidak punya waktu untuk mengurus SIM di hari kerja," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji, Minggu (1/3).

Masyarakat yang ingin memanfaatkan pelayanan SIM Minggu Polresta Sidoarjo, dapat langsung datang ke Satpas Polresta Sidoarjo setiap Hari Minggu. Atau dapat terlebih dulu mendaftarkan diri melalui aplikasi E-SIM Sidoarjo melalui Play Store.

Bila sudah daftar online, petugas akan mengkompulir daftar masyarakat sesuai pilihan waktu sampai terpenuhinya kuota yang telah ditentukan. Pelayanan SIM Hari Minggu ini kuotanya untuk 100 pendaftar.

Mengenai persyaratan yang dibawa dalam pengurusan SIM Minggu, adalah surat lulus kesehatan jasmani dan surat lulus kesehatan rohani, foto copy KTP dan foto copy SIM lama. Sedangkan untuk tahapan tes yang dilalui tetap melalui mekanisme ketentuan yang berlaku mulai dari tes teori sampai dengan tes praktek.

Untuk pembayaran biaya administrasi juga sesuai dengan ketentuan PP 60/2016, dan Polresta Sidoarjo bekerja sama dengan BRI. Kerja sama ini diluncurkan dengan terobosan Teras BRI guna pembayaran PNPB SIM pada Hari Minggu.

Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Inf M Iswan Nusi mengapresiasi terobosan SIM Hari Minggu ini. Terobosan ini memudahkan masyarakat yang hanya punya waktu longgar di Hari Minggu.

"Masyarakat yang tidak dapat mengurus SIM di hari kerja, kini telah difasilitasi oleh Polresta Sidoarjo di hari Minggu. Bagus sekali, terobosan baru untuk kemajuan Polri dan masyarakat yang kian diberi kemudahan," kata Iswan Nusi. (OL-13)

BERITA TERKAIT