01 March 2020, 19:25 WIB

Parpol Masih Godok Kandidat di Pilwakot Depok


Kisar Rajagukguk | Megapolitan

GERBONG besar koalisi dua partai politik di Kota Depok, Gerindra dan PDIP membulatkan tekad mengusung calon Wali kota dan Wakil Wali kota Depok, masa jabatan 2020-2025. Tapi siapa nama kandidat yang diusung dirahasiakan.

Pembulatan tekad kedua parpol yang sama-sama memiliki 10 kursi di DPRD Kota Depok itu dilakulan Minggu (1/3).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Depok Hendrik Tangke Allo dan Ketua Komisi A dari Gerindra Hamzah, menyampaikan dua parpol ini segera mendeklarasikan pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Soal koalisi PDIP dan Gerindra. Tinggal deklarasi pasangan calon yang diusung " ungkap Hendrik yang juga Wakil Ketua II DPRD Kota Depok itu kepada Media Indonesia, Minggu (1/3).

Senada, Hamzah dari Gerindra, juga sependapat dengan PDIP bahwa Gerindra bulat koalisi dalam pemilihan Wali kota dan Wakil Wali kota Depok yang akan digelar 23 September mendatang.

"Tapi maaf, koalisi dua gembong besar ini belum menetapkan pasangan untuk berlaga 23 September," ujar dia.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil pemilu 2019, Gerindra dan PDIP total meraih 20 kursi DPRD Kota Depok. Angka ini setara dengan 40 persen kursi DPRD.

Tak hanya Gerindra dan PDIP plus PSI, empat parpol gemuk, Demokrat, PAN, PPP, PKB dengan 12 kursi DPRD mengaku juga belum memiliki kandidat.

Ketua DPC PKB Kota Depok Selamet Riadi dan Ketua DPC PPP Kota Depok Qonita yang dikonfirmasi terpisah, mengaku koalisi sudah dibentuk tapi tetang siapa pasangan calon yang diusung belum mengerucut satu pasangan.

"Masih digodok, masih lama juga karena pendaftarannya 16- 18 Juni 2020," kata Qonita dan Selamet, Minggu (1/3).

Sementara Wakil Ketua III DPRD Kota Depok Tajudin Tabri dari Partai Golkar dengan tegas mengatakan merapat ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tapi belum mengumumkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota. Kursi dua parpol jika digabungkan 17 kursi.

Di Kota Depok ada delapan parpol yang memiliki wakil di DPRD antara lain PDIP, 10 kursi, Gerindra, 10 kursi, PKS, 12 kursi, Golkar 5 kursi, PSI 1 kursi

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok Nana Sobarna juga mengaku dirinya belum mengetahui nama- nama pasangan calon Walikota-Wakil Walikota yang berlaga pada 23 September mendatang. (OL-13)

BERITA TERKAIT