01 March 2020, 16:38 WIB

Karawang Nomor Satu Wilayah Rawan Pemilu se Jabar


Cikwan Suwandi | Nusantara

TINGKAT kerawanan pemilu, Kabupaten Karawang menempati urutan pertama pemilu di Jawa Barat. Karawang memiliki indeks kerawanan pemilu (IKP) dengan skor 63,77 pada level 5.

Demikian disampaikan Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Karawang Charles Silalahi kepada wartawan, di Karawang, Minggu (1/2).

Penilaian tersebut, jelas dia, berdasarkan IKP yang dirilis Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Dari delapan kabupaten/kota di Jabar yang menggelar Pilkada 2020. Karawang yang paling teratas kerawanannya.

Charles menyebutkan di Indonesia dari 270 kabupaten/kota yang mengikuti Pilkada 2020, IKP Karawang berada diurutan ke 16 dan 3 besar di Pulau Jawa.

IKP itu berdasarkan, pertama dimensi konteks sosial dan politik (KSP) yang terdiri dari keamanan lingkungan, otoritas penyelenggara pemilu, otoritas penyelenggara negara, serta relasi kuasa di tingkat lokal. Karawang memilki skor 67.02.

Kedua, Karawang memiliki skor 51,97. Dimensi ini mengenai pemilu yang bebas dan adil yang terdiri dari hak pilih, pelaksanaan kampanye, pelaksanaan pemungutan suara, ajudikasi keberatan pemilu, dan pengawasan pemilu.

"Lalu dimensi kontestasi, terdiri dari hak politik, proses pencalonan, dan kampanye calon. Skor IKP Karawang pada dimensi ini sebanyak 67, 40. Dan keempat dimensi partisipasi, terdiri dari partisipasi pemilih, partisipasi partai politik, dan partisipasi publik. Karawang memiliki skor pada dimensi ini 74,81," terangnya.

Dari penilaian tersebut, Bawaslu akan melakukan koordinasi dengan berbagai instansi yang tergabung dalam Desk Pilkada Kabupaten Karawang. (OL-13)

BERITA TERKAIT