01 March 2020, 15:37 WIB

179 Pasangan Calon Perseorangan Maju pada Pilkada 2020


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah kembali memperbarui data bakal calon perseorangan. Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik menuturkan masa pengecekan syarat dukungan dan sebaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati/Wali Kota dan Wakil Wali Kota telah berakhir.

Dari data 181 pasangan calon perseorangan di tingkat kabupaten/kota, ada dua akun yang ganda yakni Provinsi Sulawesi Tengah dan Papua Barat.

Evi menyampaikan ada 179 pasangan calon perseroangan yang tersisa kabupaten atau kota dari 261 kabupaten atau kota yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah.

Ia menyampaikan bahwa sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019, tahapan setelah dilaksanakannya pengecekan jumlah dukungan dan sebaran, KPU kabupaten/kota akan melakukan verifikasi administrasi.

"Verifikasi administrasi dimulai pada tanggal 27 Februari sampai dengan 25 Maret 2020," ujar Evi di Jakarta, Jumat (28/2).

Ia menyebut verifikasi administrasi meliputi pencocokan kesesuaian Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir dan alamat pendukung pada Formulir Model B.1-KWK Perseorangan dengan fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan.

Menurut Evi, verifikasi kesesuaian antara formulir Model B.1-KWK perseorangan dengan daftar pemiliha tetap pada pemilu atau pemilihan terakhir dan/atau daftar penduduk potensial pemilih pemilihan, verifikasi kesesuaian antara alamat pendukung dengan daerah pemilihan, verifikasi kesesuaian alamat pendukung dengan wilayah administrasi PPS, verifikasi identitas kependudukan untuk memastikan pemenuhan syarat usia pendukung dan/atau status perwakinan serta dan verifikasi terhadap dugaan dukungan. (Ind/OL-09)

BERITA TERKAIT