01 March 2020, 11:38 WIB

Pemprov DKI Bentuk Tim Tanggap Virus Korona


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta membentuk Tim Tanggap COVID-19. Tim ini dibentuk guna mengantispasi penyebaran virus korona di Jakarta.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah menerbitkan Instruksi Gubernur DKI Nomor 16 Tahun 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan COVID-19 atau virus Corona di DKI Jakarta.

"COVID-19 ini sesuatu yang harus kita antisipasi secara serius," kata Anies usai menggelar upacara HUT Pemadam Kebakaran di Gedubg Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI, Jakarta Pusat, Minggu (1/3).

Anies menjelaskan pemerintah menganggap perlu membentuk tim tanggap setelah Ingub Waspada Corona dikeluarkan. Tim Tangggap Covid 19 dipimpin oleh Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Catur Laswanto.

Pemerintah Provinsi DKI akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam pembentukan serta proses kerja tim tanggap tersebut.

"Kami berkoordinasi dekat dengan Kementerian Kesehatan dan juga badan-badan yang menangani masalah (Corona) di pemerintah pusat," jelasnya.

Pemprov DKI juga akan melibatkan pemangku kepentingan terkait untuk mengantisipasi virus ini. Anies menegaskan kerja sama sangat penting agar pemerintah cepat bergerak dan mengantisipasi virus ini.

"Karena Jakarta adalah pintu gerbang Indonesia. Kedatangan orang, interaksi dunia internasional porsi terbesar ada di Jakarta," tegasnya.

Anies menambahkan Dinkes DKI saat ini sedang memantau 115 orang warga yang memiliki gejala mirip penyakit yang ditimbulkan virus korona.

"Ini (pemantauan) semua mengikuti kriteria yang ditetapkan oleh menteri kesehatan," kata dia.(Put/OL-09)

BERITA TERKAIT