01 March 2020, 09:24 WIB

40 PPK Dilantik, KPU Berharap PPK Profesional dan Jaga Integritas


Apul Iskandar | Nusantara

SEBANYAK 40 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar  2020 resmi dilantik, Sabtu (29/2). Pelantikan dengan acara pengambilan sumpah anggota PPK Pematangsiantar digelar di Kantor Dharma Wanita, Jl Porsea Pematangsiantar, Sumatra Utara.

Turut hadir, Komisioner KPU Kota Pematangsiantar, Bawaslu Pematangsiantar, perwakilan Dandim 0207 Simalungun, perwakilan dari Polres Pematangsiantar  dan Kesbangpol.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Pematangsiantar, Daniel Manombang Dolok Sibarani menjelaskan 40 orang anggota PPK yang dilantik merupakan orang terbaik. Mereka melalui proses panjang seleksi sejak Januari lalu. Olehkarenanya ia meminta agar para PPK terpilih dapat bekerja dengan baik dengan menjaga integritas serta bekerja
mengedepankan profesionalisme.  

Daniel menambahkan ada dua hal yang harus dimiliki oleh seorang anggota PPK untuk  Pilkada Pematangsiantar Tahun 2020, meskipun status mereka adalah ad-hoc.

"Harus memiliki integritas serta profesionalisme dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemilihan kepala daerah. Meskipun PPK statusnya Ad-hoc, tapi dampak dari kebijakannya nantinya akan berpengaruh pada masyarakat dan hukum. Profesionalisme, segala tahapan dan kegiatan yang dikerjakan  oleh PPK harus didokumentasikan dengan baik. Ada pengalaman kita, PPK baik tapi tidak punya dokumentasi. Dua hal ini, integritas dan profesional harus dilaksanakan dengan baik," terangnya.

Daniel menegaskan, KPU tidak ada intervensi dalam proses pemilihan anggota PPK. Semua tergantung dari rapat pleno PPK.

baca juga: Partai Koalisi Usung Bintang Narsasi-Gunawan Wibisono

"Selamat atas pelantikan PPK. Peran PPK sangat vital dalam pelaksanaan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar. Semoga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman di Kota Pematangsiantar," sebut Daniel.

Pada kesempatan itu Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Kusdianto  berharap para petugas PPK bisa menjalankan tugas yang diemban guna menghasilkan yang terbaik dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020. (OL-3)

BERITA TERKAIT