01 March 2020, 06:45 WIB

Menanti Gebrakan Baru Juara Bertahan


(Ykb/LIB/R-3) | Sepak Bola

PELATIH Bali United, Stefano Cugurra, menyatakan tidak mau skuadnya fokus dengan strategi lawas untuk bisa menghadapi Persita di laga perdana Liga 1 2020 hari ini.

Persita seperti diketahui dilatih oleh mantan juru taktik Bali United, Widodo Cahyono Putro. Sudah tentu Widodo mengetahui seluk-beluk permainan eks kesebelasannya itu yang berstatus juara bertahan.

Penentuan komposisi dan strategi permainan yang tepat sangat penting jika tidak ingin malu di Stadion Dipta, Gianyar, Bali. Ada dua pilihan bagi Stefano saat Bali United tampil di rumah sendiri, yaitu melakukan kontra strategi dengan Widodo atau tetap memakai formasi baku yang selama ini ia gunakan.

Seandainya menggunakan cara lama, kemungkinan besar Bali United kebobolan seperti yang sudah terlihat dari empat pertandingan di kompetisi antarklub Asia musim ini.

Namun, Stefano menegaskan bahwa pertandingan nanti bukanlah pertandingan antara kedua pelatih. "Saya pikir pertandingan besok bukan antara pelatih dan pelatih, tapi klub lawan klub. Kami juga tidak bisa banyak bicara mengenai strategi sebelum pertandingan," ucap pria yang akrab disapa Teco itu.

Sementara Widodo, mengaku melihat permainan Bali United tidak banyak berubah sejak dikawal Teco. Widodo pun sedikit optimistis menghadapi Serdadu Tridatu meskipun tidak menyebut jika memiliki target poin.

"Tidak banyak perubahan dari gaya permainan saat saya melatih dan di era Coach Teco. Kebetulan, kami juga sudah melihat gaya permainan mereka (Bali United) pada beberapa pertandingan sebelumnya. Saya pikir, karakteristik permainan hampir sama dengan yang dulu," ujarnya.

Adapun Liga 1, kemarin, resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Pertandingan pertama mempertemukan Persebaya dan Persik dan laga itu berakhir dengan skor 1-1. Gol dicetak oleh pemain tengah Persik Gaspar Vega (33') dan bek Persebaya Hansamu Yama Pranata (37').

Di tempat lain, Madura United sukses mempermalukan Barito Putra setelah menang 4-0 di laga yang berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jawa Timur. Gol untuk tuan rumah disumbangkan oleh Jaimerson da Silva Xavier (7'), Syahrian Abimanyu (19'), dan Alberto Goncalves da Costa (35' dan 58'). (Ykb/LIB/R-3)

BERITA TERKAIT