29 February 2020, 21:26 WIB

Laga Pembuka Liga 1 2020 Berakhir Imbang


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

DUEL bertajuk derbi Jawa Timur yang mempertemukan Persebaya Surabaya melawan Persik Kediri berakhir tanpa pemenang usai imbang 1-1.

Laga yang merupakan partai pembuka Liga 1 2020 itu berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (29/2).

Di babak pertama, kedua tim langsung silih-berganti saling menyerang.

Tak dinyana, kubu tamu Persik Kediri mampu unggul melalui eksekusi penalti Gaspar Vega di menit ke-33.

Penalti didapat kubu tamu lantaran Hansamu Yama melakukan handsball di kotak penalti.

Laskar Bajul Ijo tak ingin kehilangan muka di laga kandang perdananya. Sundulan akurat Hansamu Yama Pranata menjadi penebus kesalahannya untuk Persebaya Surabaya.

Bek timnas Indonesia itu sukses menyeimbangkan laga pada menit ke-37.

Bermain di hadapan suporter sendiri, pelatih Persebaya, Aji Santoso menurunkan empat pemain asingnya langsung.

Sementara Persik yang berstatus tim promosi tak mengalami demam panggung. Justru berulang kali tim berjuluk Macan Putih itu menguasai pertandingan dan mengurung pertahanan Persebaya.

Di babak kedua, David Da Silva dan kolega mulai mengambil alih permainan. Aksi Makan Konate yang tampil lebih agresif di babak kedua mampu merepotkan kiper Persik Dimas Galih.

Laga semakin ketat lantaran Persik yang mengandalkan Gaspar Vega juga memiliki peluang emas mencetak gol kedua.

Namun, pemain asal Argentina ini gagal menceploskan bola usai menerima umpan tarik dari pemain pengganti, Septian Bagaskara.

Saling adu serangan rupanya tak membuat skor berubah hingga babak kedua usai. Saling berbagi poin menjadi hasil yang harus diterima kedua tim di laga perdana Liga 1 2020.

Baca juga: Ma'ruf Ingin Kompetisi Liga 1 2020 Satukan Bangsa

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka kompetisi Liga 1 2020 melalui upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

"Saya mewakili Presiden Republik Indonesia dengan ini menyatakan Liga 1 2020 resmi dibuka," kata Zainudin.

Setelah membuka kompetisi secara resmi, Zainudin juga melakukan sepak mula seremoni dengan menyepak bola kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, sebelum dimulainya pertandingan Persebaya Surabaya melawan Persik Kediri.

Zainudin juga mengungkapkan bahwa pemerintah mengapresiasi PSSI dan Liga Indonesia Baru (LIB) yang dapat memulai kompetisi dengan tepat waktu.(Ant/OL-4)

BERITA TERKAIT