29 February 2020, 20:53 WIB

PLN Raih Penghargaan Indonesian CSR Brand Equity Award 2020


Heryadi | Ekonomi

PT PLN berhasil meraih penghargaan Indonesian CSR Brand Equity Award 2020 yang diselenggarakan lembaga survey Iconomic di Ayana Midtown, Jakarta, Kamis (27/2). Penghargaan ini diberikan kepada BUMN dan perusahaan swasta di Indonesia yang berkonstribusi dan berkomitmen dalam menjalankan Corporate Social Responsibility.

"Penghargaan ini tidak hanya berarti bagi PLN sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia, namun juga merupakan bentuk penghargaan kepada semua pegawai PLN yang telah mendedikasikan hidup mereka untuk membangun kelistrikan di tanah air agar semua desa menjadi terang dan mendorong roda ekonomi negara," ungkap Vice President Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah, dalam keterangan resmi, Sabtu (29/2).

Selama ini, program CSR yang dilaksanakan PLN tidak hanya dilakukan di sekitar pembangkit listrik PLN, namun dirasakan juga sebagian masyarakat pedesaan.

Hal ini tidak lepas dari peran CSR memberdayakan masyarakat desa, seperti di kawasan wisata desa Sendi Mojokerto, kawasan Silalahi Danau Toba, Desa Muara Takus Riau, Desa Pelawan Bangka Belitung, Desa Lolong Pekalongan, Jawa Tengah, dan Balkondes Ngadiharjo Magelang yang tentunya secara bertahap dan konsisten terus dijalankan.

Tidak hanya itu, CSR PLN juga menyasar bidang lingkungan dan pelestarian alam seperti bank sampah di Malang, Surabaya, Jogjakarta, Bandung dan Jakarta yang tentunya telah memberikan dampak positif bersama masyarakat untuk ikut serta mengurangi, memanfaatkan, dan mendaur ulang sampah plastik yang ada di kota tersebut.

Di samping itu, PLN melalui anak perusahaannya juga turut serta memberikan CSR khususnya pengolahan sampah melalui program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) yang hasil akhirnya dibuat Pelet sampah dan selanjutnya untuk co-firing  PLTU batubara.

Dia menambahkan, banyak program CSR yang dijalankan PLN untuk dijadikan kunjungan belajar murid sekolah dan penelitian bagi mahasiswa seperti program sekolah sungai yang mengajarkan tentang menjaga lingkungan dan penghijauan di sekitar aliran Sungai Ciliwung Jakarta yang dikenal dengan Sekolah Sungai di daerah Jagakarsa, Sekolah Sungai Mudal di Yogjakarta dan Gunung Anyar Surabaya.

Ajang penghargaan yang mengusung tema “Indonesian CSR Brand Equity Award 2020” ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RM Karliansyah.

RM Karliansyah dalam sambutannya pada acara penganugerahan Indonesian CSR Brand Equity Award 2020 menyatakan pentingnya CSR sebagai bentuk perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

"Dengan penghargaan yang diinisiasi oleh lembaga Survey Iconomics diharapkan dapat menjadi pendorong bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan Brand Equity melalui sejumlah kegiatan CSR," imbuh Karliansyah.

Founder & CEO Iconomics Bram S Putro menjelaskan bahwa ajang Indonesian CSR Brand Equity Award 2020 ini sangat penting dilakukan karena bertujuan untuk memberikan perspektif baru penilaian efektivitas sebuah kegiatan CSR.

Artinya, bukan hanya dilihat dari seberapa besar pendanaan dan ruang lingkup wilayah, jumlah penerima, atau kajian efektivitas fisik, tetapi juga dari sisi persepsi masyarakat umum.

"Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan akan mampu meningkatkan brand sebuah perusahaan sekaligus memperkuat positioning perusahaan di masyarakat, sehingga perusahaan akan terpicu untuk melibatkan masyarakat dalam proses produksi maupun operasional perusahaan," ungkap Bram.

Penilaian dimulai pada Desember hingga awal Januari 2020 dengan melibatkan lebih dari 10.000 responden secara online di 10 kota besar di Indonesia, dengan mekanisme mulai dari survei, penjurian dan penilaian termasuk penentuan bobot penilaian hingga penentuan perusahaan yang berhak memperoleh predikat CSR Brand Equity – Gold Award. (E-3)

BERITA TERKAIT